Home / News NTT / Kadis Bailaen berharap tak ada kebakaran serius…

Kadis Bailaen berharap tak ada kebakaran serius…

ilustrasi. (foto: otomotifmagz.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Lain padang lain belalang, lain pemimpin lain mimpinya.

Hal ini terbukti dari pernyataan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kupang Mesakh Bailaen, yang  mengaku kekurangan mobil armada pemadam kebakaran di Kota Kupang.

Pasalnya, seiring dengan perkembangan pesat di Kota Kupang, pihak Damkar seringkali kewalahan menanggulangi kejadian kebakaran.

“Kasus kebakaran di Kota Kupang cukup tinggi. Pada tahun 2016 lalu, tercatat ada 70 kasus kebakaran yang terjadi selama bulan Januari sampai November. Di awal tahun ini, sudah ada tujuh kasus kebakaran. Oleh karena itu, Dinas Damkar harus di dukung dengan armada pemadam yang memadai,” katanya kepada moral-politik.com di Kota Kupang, Rabu (22/2/2017) siang.

Damkar Kota Kupang, katanya, memiliki enam unit mobil pemadam. Satu di antaranya tidak dapat dioperasikan, karena telah rusak. Dari lima unit yang masih bisa dioperasikan, ada dua unit mobil pemadam ditambah satu mobil tangga, yang tergolong baru. Sedangkan lainnya merupakan mobil lama yang diproduksi dari tahun 1976.

“Mesinnya sudah tidak mendukung lagi. Tapi kita paksakan karena armada kita kurang,” ujar Bailaen.

Bailaen mengaku, yang paling dibutuhkan Dinas Damkar yakni penambahan mobil tangki untuk menyuplai air ke mobil pemadam. Pasalnya, saat ini mereka hanya memiliki dua mobil suplai, dimana salah satunya dipinjam dari Bagian Umum Setda Kota Kupang. Selain itu, semua mobil pemadam rata-rata hanya menampung air dengan kapasitas dua ribu liter. Sehingga tidak beroperasi (menyemprotkan air) dalam waktu lama ketika terjadi kebakaran.

“Mobil pemadam harus stand by di tempat, mengingat sumber air di Kota Kupang cukup jauh. Pengisian air ke mobil tangki juga butuh waktu lama. Belum lagi ada kemacetan di jalan,” jelasnya.

Baca Juga :  Leny Mansopu: Pemerintah siapkan sekolah gratis berkualitas !

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button