Home / Sains / Kisah tentang Netizen Indonesia…

Kisah tentang Netizen Indonesia…

Ilustrasi. (foto: akibatjika.blogspot.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Saya sudah bertahun-tahun jadi pegiat literasi, dan sudah keliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk kampanyekan budaya baca.

Terakhir saya juga pernah menjangkau di wilayah perbatasan laut China Selatan, tepatnya di daerah Kepualauan Anambas di wilayah Tarempa dan Palmatak.

Saat itu awalnya penduduk disana khususnya anak-anak dari beberapa data, disebutkan jika minat bacanya rendah, namun begitu kami sediakan buku-buku bacaan yang sesuai dengan minat mereka, secara mengejutkan justru baru beberapa hari buku yang kami bawa habis dipinjam anak-anak disana.

Bahkan yang membuat saya “terharu”, begitu antusiasnya minat baca anak-anak disana, sampai-sampai beberapa orang tua, datang ke basecamp saya dengan anak-anak mereka yang menangis dan kemudian memarahi saya karena anak mereka tidak kebagian buku.

Saat itu saya beranggapan bahwa sebenarnya minat baca anak-anak disana sangat tinggi, namun masalahnya terletak pada kurangnya fasilitas buku-buku, yang disesuaikan dengan minat para siswa sehingga ada kesan bahwa minat baca mereka rendah.

Sekarang, setelah saya beberapa lama tidak terjun langsung ke lapangan, dan memang saya fokus untuk berjuang melalui tulisan di duniaperpustakaan.com, saya agak terkejut ketika kemarin membaca tulisan dari seorang netizen, yang membuat tulisan dengan menyatakan “Minat Baca Rendah tapi Cerewet Banget!”

Kemudian saya juga sudah membuat tulisan di portal duniaperpustakaan.com yang saya kelola, untuk menelusuri kebenaran atas informasi yang netizen sebutkan itu.

Baca Juga :  Kunjungi Raja Ampat, Jokowi tekankan soal pariwisata

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button