Home / Sains / Kisah tentang Netizen Indonesia…

Kisah tentang Netizen Indonesia…

Ilustrasi. (foto: akibatjika.blogspot.co.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Terkait dengan penyebutan bahwa “Indonesia berada di urutan ke-2 dari bawah dalam hal keliterasian dunia, di bawah Botswana.”

Pada bulan Agustus 2016 yang lalu, saya juga sudah mempublikasikan terkait data tersebut melalui tulisan di duniaperpustakaan.com berjudul “Miris! Minat Baca Indonesia Diurutan ke 60 dari 61 Negara!“. Pemberitaan tersebut kami kutip dari sumber terpercaya.

Dan terkait dengan data bahwa Jakarta adalah kota dengan jumlah tweet terbanyak di dunia itu juga benar adanya. Data tersebut diambil dari semiocast.com, dimana website tersebut memang mendata terkait aktivitas sosial media termasuk twitter. Berikut ini datanya,

Dengan melihat data dan fakta tersebut diatas, saya memang tidak bisa memastikan bahwa penyebab dari banyaknya HOAX, dan diperparah dengan banyaknya perilaku netizen Indonesia yang begitu mudah share berita hoax, diakibatkan karena minat baca mereka rendah.

Namun saya hanya berpesan, dari data yang ada tersebut diatas, harusnya sudah saatnya kita semua bercermin, jika memang buku yang kita baca sedikit yang itu bisa diartikan ilmu kita belum banyak, mohon dalam berbicara di internet itu haruslah lebih berhati-hati.

Kondisi netizen kita hari ini, lihatlah lihat FAKTA di timline facebook atau twitter anda, begitu mudah mereka like share dan tulisan tanpa cek dan ricek kebenaranya.

Asal beritanya menjelek-jelekan kelompok atau tokoh lain yang dibencinya, maka tanpa perlu cek kebenaranya, mereka langsung like dan share disertai dengan umpatan dan kalimat provokasi.

Baca Juga :  Hmmm! 5 Ekor Buaya Ditangkap BKSDA di Teluk Kupang...

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button