Home / Populer / MDT: KPK periksa penikmat hasil korupsi Dana Pendidikan NTT

MDT: KPK periksa penikmat hasil korupsi Dana Pendidikan NTT

Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Thome (Arie DS/Okezone)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Bupati Sabu Raijua, Marthen Dira Tome (MDT) telah diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana pendidikan di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Usai diperiksa KPK, Marthen pun sempat menuding ada keterlibatan pihak lain dalam kasus korupsi yang menjerat dirinya. Karenanya, dia meminta lembaga antirasuah untuk mengusut kasus itu hingga ke jajaran paling bawah.

“Sampai saat ini belum ada (yang diperiksa). Tapi kita minta KPK periksa mereka yang terima uang sampai di bawah,” ujar Marthen di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (10/2/2017).

Namun demikian, Marthen enggan membeberkan secara detail siapa saja pihak lain yang ‎turut terlibat dalam proyek dana Pendidikan Luar Sekolah (PLS) itu. Intinya, kata dia, terdapat lembaga yang turut andil dalam rasuah ini.

“Semua lembaga yang ada di bawah (ikut andil). Karena ini program yang melibatkan rakyat banyak,” tukasnya.

Kasus itu berawal dari pendidikan luar sekolah (PLS) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT yang bersumber pada APBN 2017. Saat itu, ada dana yang disebut dekonsentrasi APBN sebesar Rp77,6 miliar yang terdiri atas program pendidikan formal dan informal, program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), program pengembangan budaya baca, dan program manajemen pengembangan pendidikan. Namun, nilai kerugian negara masih dihitung.

Baca Juga :  TNI Bangga, Walau Dipenjara Ongen Tetap Jual Drone Ke Indonesia Bukan Ke Asing

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button