Home / News NTT / Pemkot Kupang patroli tertib sampah, amankan Perda

Pemkot Kupang patroli tertib sampah, amankan Perda

Ilustrasi. (foto: nttprov.go.id)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM : Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan berencana menggelar patroli lokasi-lokasi rawan sampah.

“Lokasi rawan sampah adalah lokasi tempat pembuangan sampah, yang sampahnya sudah diangkut tapi setelah itu menumpuk lagi. Hal ini dikarenakan banyak yang membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal pengangkutan sampah oleh dinas,” kata Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Kupang Obed Kadji kepada wartawan di Kota Kupang, Sabtu (4/2/2017) siang.

Obed mengatakan, patroli ini juga dalam rangka penerapan Perda Nomor 3, dan 4 tentang Penyelenggaraan dan Pembuangan Sampah di Wilayah Kota Kupang. Dalam Perda itu memuat larangan pembuangan sampah pada tempat yang tidak semestinya, dan pelanggar Perda akan dikenai denda paling rendah Rp.5 juta dan paling tinggi Rp.50 juta.

Menurutnya, lokasi yang akan menjadi titik bermasalah soal sampah terdapat di Rudenim, Oesapa Selatan, Bimoku, dan tempat lain seperti di Charvita, sebab sampah yang dibuang ke TPS di lokasi itu, merupakan sampah komersil dengan skala besar, padahal daya tampung TPS kecil.

Kalau sampah rumah tangga tidak masalah, tambahnya, tetapi kalau sampah komersil, daya tampung TPS sangat kecil.

Ia juga tak menampik bahwa kesadaran masyarakat sudah sangat bagus, namun para pengusaha ini yang perlu diberitahu soal jam pembuangan sampah dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore, sehingga saat sudah diangkut sudah tidak ada lagi,” katanya.

“Saya sudah mengundang para staf untuk melakukan rapat bersama pada pada Senin (6/2/2017), untuk pembagian waktu dan lokasi patroli,” pungkas Obed.

 

Penulis : Nyongki

 

 

 

 

Baca Juga :  Yang beda dari Kopdit Obor Mas Maumere

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button