Home / Populer / Tanpa IMB, 300 warga tolak pembangunan RS IMC Bintaro

Tanpa IMB, 300 warga tolak pembangunan RS IMC Bintaro

foto: jurnalis warga indonesia/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pembangunan gedung tanpa mengacu kepada regulasi yang berlaku semakin marak terjadi di Indonesia.

Mengacu Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masyarakat yang terkena dampak lingkungan dapat dilibatkan dalam melakukan penyusunan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), dan dapat diumumkan melalui media massa sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No 17 Tahun 2012 tentang Pedoman Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses Amdal dan Izin Lingkungan.

Undang-Undang tersebut diduga diabaikan oleh pengelola Proyek Pembangunan Tambah Gedung Rumah Sakit Ihsan Medikal Center (IMC) Bintaro di Jalan Jombang No 56 Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Sudah sejak lama warga sekitar, khususnya Villa Bintaro Indah (VBI) menolak pembangunan RS tersebut. Pasalnya, pihak RS IMC Bintaro selama ini tidak pernah menjawab surat-surat yang sudah beberapa kali dilayangkan oleh warga VBI, terkait juga proses perijinan lingkungan maupun rekomendasi AMDAL-nya.

Karena merasa tak ditanggapi, warga pun kompak menggelar “Aksi Bela VBI 252” agar pihak RS IMC Bintaro  menyetop pembangunan gedung RS yang rencananya dibangun setinggi tujuh lantai di atas tanah seluas 2 ha tersebut.

 

Sekitar 300 orang warga dari Perumahan Villa Bintaro Indah Kelurahan Jombang, Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan aksi di depan kantor proyek pembangunan Rumah Sakit IMC (Ichsan Medical Center) Bintaro pada Sabtu (25/2/2017).

Aksi yang dinamai Aksi VBI 252 tersebut sebagai protes keras warga sekitar terhadap pihak RS IMC Bintaro agar menghentikan mega proyek pembangunan tujuh lantai terkait IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan Amdal (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) yang dinilai bermasalah.

Baca Juga :  Sekarang TNI bisa pesan 7 Apache

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button