Home / Gaya Hidup / Wanita waspada, suplemen kalsium tingkatkan risiko penyakit jantung

Wanita waspada, suplemen kalsium tingkatkan risiko penyakit jantung

Shutterstock - Ilustrasi

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Wanita cenderung ingin mencoba sesuatu hal baru yang tak diketahu persis ekses terhadapnya.

Fakta membuktikan lebih banyak bukti yang muncul bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium untuk mencegah kerusakan tulang, pada kenyataannya, mempertaruhkan kesehatan jantung mereka.

Tetapi, jangan anggap ini sebagai lonceng kematian meski data studi ini ditambahkan dengan studi sebelumnya, menemukan hal yang sama, dengan temuan yang sama, kata penulis studi yang dirilis secara online di BMJ April 19 ini.

“Konsensus yang ada saat ini, masih tidak memadai untuk dijadikan rekomendasi mengenai penggunaan suplemen kalsium,” kata penulis senior studi Dr Ian Reid.

“Rekomendasi kami sendiri adalah secara kritis meninjau lagi penggunaan suplemen kalsium, karena data dalam makalah ini menunjukkan bahwa mereka lebih banyak bahayanya daripada manfaatnua,” tambah Reid, profesor kedokteran dan endokrinologi di University of Auckland di Selandia Baru.

“Cara paling baik mengonsumsi kalsium adalah dari makanan, karena kalsium makanan belum terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung,” tambah Reid.

Meta-analisis yang dilakukan oleh kelompok peneliti yang sama menemukan, 27 menjadi 31 persen peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada wanita yang mengonsumsi suplemen kalsium tanpa vitamin D.

Baca Juga :  Awas! Cinta berlebihan bisa membuatmu jadi egois

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button