Home / Sport / 3 Kincir Angin didirikan di TTS, hasilkan listrik 61 MW

3 Kincir Angin didirikan di TTS, hasilkan listrik 61 MW

Asisten Adminstrasi Pembangunan Setda Kabupaten TTS, E. P. Tahun. (foto: ist/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POITIK.COM: Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebagai kabupaten terluas di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berpacu untuk memenuhi kebutuhan listrik warganya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) TTS terus menyiapkan rencana groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Bendungan Temef, juga pendirian tiga kincir angin besar di Desa Oelbubu, Kecamatan Molo Utara.

Bupati Timor Tengah Selatan Paulus VR. Mella melalui Asisten Adminstrasi Pembangunan Setda Kabupaten TTS, E. P. Tahun ketika ditemui moral-politik.com di ruang kerjanya, Soe, Rabu (19/4/2017) pukul 11.00 Wita menuturkan, luasnya Kabupaten TTS dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, memacu pihaknya untuk mencari solusi cerdas bagi terpenuhinya kebutuhan akan sumber daya listrik.

“Selain sumber daya listrik energi baru terbarukan yang akan di peroleh melalui turbin listrik air di Bendungan Temef yang akan di grounbreaking pada 3 Desember 2017 mendatang, kami juga telah menjajaki kerjasama dengan sebuah perusahaan besar untuk membangun listrik dengan memanfaatkan tenaga angin yang sangat dahsyat di dunia, di Pulau Cendana ini,” yakin dia.

Diuraikannya, kekuatan listrik yang bisa dihasilkan dari arus angin ini sebesar 61,3 Megawatt (MW) sehingga bisa melayani listrik untuk Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Malaka, Belu, bahkan hingga ke negara Timor Leste.

“Estimasinya untuk tiap kabupaten paling banyak menggunakan 7 MW, sehingga kebutuhan untuk TTS, TTU, Belu, dan Malaka hanya 24 MB. Itu berarti sisa 37 MW bisa kita jual ke negara Timor Leste,” yakin dia.

Kami sudah melakukan survey di Oetune sebagai lokasi untuk menempatkan kincir angin setinggi 150 meter lebih, besar perangkat kincir angin tersebut dua kali lebih besar dari Bus TransJakarta.

Pencarian Terkait:

  • Lokasi Oelbubu
Baca Juga :  Komisi A Kecewa Dengan BKD Kota Kupang

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button