Home / News NTT / Cerita Wabub Asa soal penyebab meluapnya Sungai Benenain

Cerita Wabub Asa soal penyebab meluapnya Sungai Benenain

Wakil Bupati Malaka Daniel Asa. (foto: vincent)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Masalah meluapnya Sungai Benenain sampai menggenangi pemukiman dan persawahan di Kabupaten Malaka, diklarifikasi Wakil Bupati Malaka Daniel Asa.

Menurut sosok bersahaja dan tak banyak bicara ini, meluapnya Sungai Benenaian setiap ada curahan hujan dengan intensitas tinggi, disebabkan banjir kiriman dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

“Kabupaten Malaka seperti muara dari sungai di Kabupaten TTS dan TTU,” katanya ketika dihubungi moral-politik.com melalui telepon selularnya, Selasa (4/4/2017) siang.

Wabup Asa mengatakan, meluapnya Sungai Benenain hingga membanjiri pemukiman dan persawahan di Kabupaten Malaka, bukan kejadian yang baru. Kejadian ini sudah terjadi berulang-ulang kali kalau ada intensitas hujan yang tinggi di Kabupaten TTU, TTS dan Malaka.

Namun dalam kurun beberapa tahun terakhir, tambahnya, sudah jarang terjadi banjir di Kabupaten Malaka, karena sudah ada pembangunan tanggul di Penahan di sekitar muara Sungai Benenain yang bisa meredam banjir kiriman dari dua kabupaten tersebut.

Tapi, kata Asa, tanggul penahan yang sudah dibangun di Desa Motolu kembaii dijebol banjir kiriman dengan kapasitas yang cukup besar, sehingga tanggul penahan itu kembali jebol dan banjir kembali menggenangi daerah pemukiman dan persawahan.

Baca Juga :  Mengapa Baru 6 Sekolah di NTT Siap Ujian Secara 'Online' ??

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button