Home / News NTT / Jefri Pelt bicara soal Dana Panwaslu Rp. 500 Juta

Jefri Pelt bicara soal Dana Panwaslu Rp. 500 Juta

Jefri Eduard Pelt. (foto: nyongki/moral-poitik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Kupang Jefri Pelt, mengaku persoalan pencairan dana hibah Rp. 500 juta sebenarnya masih menjadi masalah.

Sebab tuntutan pihak pengawas pemilu soal pencairan dana tersebut, belum bisa dilakukan karena pihak pemerintah masih menyurati Kemendagri soal pencairan dana tersebut. Apalagi pihak Panwaslu telah melaporkan penggunaaan dana Hibah sebesar Rp. 3 miliar tanpa disertai bukti pertanggungjawaban secara rinci soal penggunaan dana tersebut.

“Masalahnya pengajuan permintaan dilakukan setelah pilkada selesai. Jika Panwas mengadukan permohonan sebelum Pilkada maka tidak masalah, sebab dana hibah pemerintah tidak hanya untuk Panwaslu saja, tetapi untuk KPU, dan Kepolisian. Dan untuk kedua lembaga tersebut, dana hibah pemerintah tidak menjadi masalah,” kata Kepala BKD Jefri Eduard Pelt.

Dikatakan, pihak Panwaslu Kota Kupang baru mengajukan laporan ke pemerintah setelah Pilkada. Bahkan laporan penggunaan dana Rp. 3 milliar yang dikasih tahun 2016, baru dimasukan pada tanggal 28 Februari 2017.

“Perlu diketahui proses pencairan dana hibah ada beberapa tahapan yakni harus dibuat NPHD dan baru dibuat proses pencairan ke lembaga mana saja yang dialokasikan dana hibah melalui APBD,” katanya.

Menurut Jefri, persoalan ini sebenarnya tidak terjadi jika Panwas Kota memasukan jauh sebelum Pilkada, sehingga dengan pemasukan laporan setelah Pilkada siapa yang berani mencairkan. Berdasarkan kesepakatan, tambah Jefri, dana tersebut dicairkan bulan Juni tahun 2016 sebesar Rp. 1 miliar dan kemudian masuk pada perubahan APBD tahun 2016 disetujui tambahan Rp. 2 miliar, dan dana tersebut dicairkan pada tanggal 28 November 2016 sebesar Rp. 2 miliar, sehingga dengan usulan tambahan sebesar Rp.500 juta hanya sebagai dana cadangan mengantisipasi terjadinya kekurang dana untuk panwaslu.

Baca Juga :  HUT RI ke-72, 68 Narapidana Maumere peroleh remisi

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button