Home / News NTT / Kali-kali jorok, Pemkot Kupang diminta tiru Ahok

Kali-kali jorok, Pemkot Kupang diminta tiru Ahok

Gustam Taher berkacamata. (foto: nyongki/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang diminta meniru kinerja Pemerintah DKI Jakarta, khususnya program Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam pembenahan sungai dan kali.

Pasalnya di Kota Kupang, ada beberapa kali kecil namun kali-kali yang berada di tengah Kota Kupang dipenuh sampah. Bahkan di muara kali seperti di Kelurahan LLBK dan Fatubesi, banyak dipenuhi sampah. Khususnya kali di Kelurahan Fatubesi, malah ternak babi dibiarkan berkeliaran.

Gustam Taher, salah satu warga Kelurahan Fatululi, Kota Kupang kepada wartawan di kediamannya, Sabtu (15/4/2017) menuturkan bahwa ukuran kali di Kota Kupang tidak sebesar di Jakarta, tapi pemerintah Jakarta punya tekad untuk membersihkan kali-kali sehingga Kota Jakarta sekarang terlihat sangat bagus, karena ditata dengan baik. Sementara untuk Kota Kupang, kondisi kali-kalinya kecil namun dipenuhi sampah dan hewan ternak, tapi kondisi ini tidak pernah diperhatikan, pemerintah memprioritaskan sampah-sampah yang berada pada tempat pembuangan sampah. Sementara dikali-kali tidak pernah diperhatikan sama sekali.

Gustam yang kesehariannya merupakan salah satu aktivis lingkungan hidup ini mengatakan, kondisi seperti ini,  sangat disayangkan, karena Kupang merupakan Ibukota dari Provinsi NTT, yang saat ini tengah menggalakan upaya peningkatan destinasi tujuan wisata, bagi wisatawan mancanegara, maupun wisatawan lokal.

Oleh karena itu, lanjut Gustam, sebagai warga Kota Kupang, dirinya sangat mengharapkan pemerintah segera melakukan penataan pada kali-kali yang ada, terutama kali-kali yang alirannya melewati tengah Kota Kupang. Apalagi dengan kondisi pemukiman yang belum terlalu pada bantaran kali, memudahkan pemerintah untuk melakukan pembersihan dan penataan kembali.

“Saya rasa sudah harus dilakukan penataan dari sekarang sebelum pemukiman jauh lebih padat. Pemerintah Kota Kupang harus meniru apa yang telah dilakukan Ahok untuk mempercantik Kota Kupang. Selain itu pemukiman pada bantaran kali, dan Daerah aliran sungai harus ditata dengan baik,” pungkas dia.

Baca Juga :  Kepsek SMKN 1 Kupang terapkan jam sekolah baru

 

Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button