Home / Opini / Opini: Kampanye Sehat, Pilkada Kuat

Opini: Kampanye Sehat, Pilkada Kuat

ilustrasi. (foto: vemale.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button
Oleh : Farhan Hafrizal *)

 

 

MORAL-POLITIK.COM: Saat ini bangsa Indonesia sedang diterpa bencana pemberitaan bohong alias hoax.

Baru-baru ini, muncul video kampanye yang diduga diproduksi oleh Tim Sukses pasangan Calon Gubernur Jakarta Ahok-Jarot, yang sempat menjadi viral di sosial media.

Pro dan kontra pun kembali terjadi dan bergolak, bahkan nada kontra muncul dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jakarta Selatan. Hal ini disebabkan karena, deretan tayangan video tersebut, terlihat tendensius memojokan umat Islam.

Dalam video tersebut, terdapat framing opini, yang menyudutkan umat Islam anarkis.

Dalam video itu, umat Islam digambarkan sebagai sekelompok orang anarkis, rasis, bahkan juga radikal, yang mengarah pada aksi-aksi terorisme.

Menanggapi persoalan itu, sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jakarta Selatan, menilai video kampanye tersebut dinilai bertentangan dengan UU ITE. Hal ini disebabkan karena, dalam video tersebut, terdapat unsur dan muatan yang berbau Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

Kebencian, suku, ras dan agama yang itu mengarah pada kontra kedaulatan bangsa, atau memecah belah bangsa.

Pembuatan video kampanye tersebut bisa dikenakan UU Informasi dan Transaksi Elektronik pasal 28 ayat 1. Dalam bab ketentuan pidana yang tertera dalam UU ITE tersebut, tercantum rincian ancaman pidana penyebar hoax, sebagaimana yang tercantum dalam pasal 45 atau 2 UU ITE.

Baca Juga :  Pria Bermartabat Tak Tergiur PSK Kupang

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button