MORAL-POITIK.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Selatan (TTS) terus menyiapkan rencana groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Bendungan Temef.

Asisten Adminstrasi Pembangunan Sekda Kabupaten TTS, E. P. Tahun ketika ditemui moral-politik.com di ruang kerjanya, Soe, Rabu (19/4/2017) pukul 11.00 wita menuturkan bahwa Sungai Temef akan di bangun Bendungan Temef.

“Kami mendapat informasi dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bahwa  groundbreaking pembangunan Bendungan Temef akan dilakukan oleh Menteri PUPR bertepatan dengan Bulan Bakti PU pada tanggal 3 Desember 2017 mendatang,” katanya.

Dijelaskannya, semua masalah tanah telah diselesaikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten TTS, dan masyarakat sangat mendukung pembangunan Bendungan Temef.

Menurutnya, data teknis rencana pembangunan Bendungan Temef diantaranya, nama sungai yang akan dimanfaatkan adalah Sungai Temef, luas DAS 552, 38 km2, panjang sungai  46,48 km2, luas genangan waduk 428,35 Ha, debit banjir rancangan PMF 3,274,93 m3/det, dan kapasitas tampung total 81,156 juta m3.

Pihaknya sangat antusias terhadap rencana pembangunan Bendungan Temef karena diyakininya akan meraup manfaat bagi Daerah Irigasi Intensifikasi sebesar 2.898 Ha, Daerah Irigasi Ekstensifikasi 3.368, 67 Ha, Air Baku 131 it/det, dan hal menarik yang sangat fenomenal adalah bendungan ini bakal menghasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) berkekuatan 2x 1,30 MW.

“Setidaknya persoalan listrik di TTS akan terbantukan dengan diselesaikannya rencana pembangunan Bendungan Temef,” pungkas dia.

 

Penulis: V.J.Boekan
Baca Juga :  KPU: Debat Calon Walikota Kupang disiarkan langsung