Home / News NTT / Strategi dibalik Sosialisasi pencegahan kebakaran di Kota Kupang

Strategi dibalik Sosialisasi pencegahan kebakaran di Kota Kupang

Mesakh Bailaen. (foto: nyongki/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Pemadam Kabakaran (Damkar) mulai melakukan sosialisasi penanganan dan pencegahan bencana kebakaran.

“Sosialisasi penanganan dan pencegahan bencana kebakaran berupa simulasi penanganan dan pencegahan bencana kebakaran di sejumlah perbankan dan sekolah-sekolah,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Kupang Mesakh Bailaen kepada moral-politik.com di Balai Kota Kupang, Selasa (18/4/2017).

Bailaen menjelaskan, sosialisasi perlu dilakukan mengingat peristiwa kebakaran di wilayah Kota Kupang masih terus terjadi. Secara data di tahun 2017 hingga pertengan bulan April tercatat sudah ada 10 kasus kebakaran, yang mana paling tinggi kasus kebakaran pada rumah tinggal dan ditambah sekolah dan Ruko.

“Memang kasus kebakaran tahun ini belum terlalu tinggi dibandingkan tahun kemarin, yang mana jumlah kasusnya tercatat 91 kasus. Tetapi dengan kasus kebakaran yang terjadi hingga April 2017, angka kerugiannya sangat besar dan mencapai puluhan miliar rupiah,” katanya.

Menurut Bailaen, penyebab utama kebakaran akibat hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Melihat hal itu, menurutnya, Damkar Kota Kupang terus berkomitmen untuk memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat Kota Kupang sesuai standar operasional pelayanan (SOP), petugas pemadam kebakaran telah tiba di lokasi minimal 15 menit setelah insiden kebakaran dilaporkan. Tekad pelayanan prima tersebut sesuai dengan 5 Panca Dharma tentang tugas pemadam kebakaran yaitu, Pencegahan dan Pengendalian, Pemadaman, Penyelamatan (baik kepada korban manusia maupun harta benda), Pemberdayaan masyarakat, dan Pemadaman Khusus Bahan-bahan Berbahaya.

Bailaen mengaku, dengan kondisi perkembangan Kota Kupang yang samakin padat dengan pemukiman serta ditambah makin berkembangnya pembangunan gedung kantor, maka Damkar pada bulan Maret 2017 lalu mulai melakukan sosialiasi dan simulasi di perkantoran dan sekolah.

Baca Juga :  Kabar Baik!! Thom Gah Berikan 70 Ribu Benih Ikan Air Tawar Kepada Masyarakat Kota Kupang

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button