MORAL-POLITIK.COM: Lahan fasilitas umum dan fasilitas sosial di RT. 3 & 5, RW.03, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara akan dijadikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Lahan yang akan dibangun RPTRA tersebut direncanakan akan dimulai pada Sabtu (15/4/2017) dan peletakan batu pertama akan dilakukan oleh Plt. Gubernur DKI Jakarta Sumarsono.

Sebelum dibangun RPTRA, Lahan Fasos Fasum dengan luas 850 meter yang sebelumnya berdiri bangunan liar ditertibkan oleh pemerintah setempat.

Dalam penertiban Lahan Fasos Fasum pada Selasa (12/4/2017) tersebut dilakukan atas kerjasama Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing, dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara.

Dalam penertiban tersebut dihadiri PPSU Kelurahan Semper Barat, Kasatpol PP Kelurahan Semper Barat M. Iqbal, Pengendali Satpol PP Kecamatan Cilincing Susilawati, dan PHL Lingkungan Hidup Jakarta Utara Sudin, serta ditemani oleh Binmas Pol Aiptu Suroso, juga Babinsa Sertu Mahmud.

Seperti diketahui, RPTRA adalah konsep ruang publik berupa ruang terbuka hijau atau taman yang dilengkapi dengan berbagai permainan menarik, pengawasan CCTV, dan ruangan-ruangan yang melayani kepentingan komuniti yang ada di sekitar RPTRA tersebut, seperti ruang perpustakaan, PKK Mart, ruang laktasi, dan lainnya.

RPTRA juga dibangun tidak di posisi strategis, namun berada di tengah pemukiman warga, terutama lapisan bawah dan padat penduduk, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh warga di sekitar, dan anggaran yang digunakan diambil dari sebagian besarnya menggunakan sumbangan dana Corporate Social Responsibility.

 

Penulis: JWI

 

 

Baca Juga :  KPK jangan fokus pada kader Demokrat, Golkar dan PKS saja