Home / News NTT / Yang beda dari Kopdit Obor Mas Maumere

Yang beda dari Kopdit Obor Mas Maumere

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meladi Sembiring menyerahkan SK KUR kepada Pengurus Koperasi Obor Mas Maumere-1. (foto: angga lispro/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menyalurkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada Bank dan Koperasi.

Untuk Koperasi Kredit (Kopdit) di Indonesia yang mendapatkan dana kur hanya Kopdit Keling Kumang yang berada di provinsi Kalimantan Barat, dan Kopdit Obor Mas Maumere yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Itu sebabnya Obor Mas Maumere merupakan Kopdit kedua di Indonesia yang ditetapkan oleh Menteri Koperasi dan UKM Puspa Yoga sebagai Kopdit Penyalur dana Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sedangkan di NTT, Obor Mas Maumere adalah pertama yang menyalurkan dana kur tersebut,” kata Deputi Bidang Kelembagan Kementerian Koperasi dan UKM Meladi Sembiring pada saat membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XXXIII di Auditorium Nawacita Universitas Nusa Nipa, Kabupaten Sikka, Jumad (31/03/2017).

Menurutnya, ada 32 Koperasi Kredit di Indonesia yang mengusulkan sebagai penyalur dana kur ini. Ada beberapa persyaratan yang harus di lewati oleh koperasi kredit yang ingin mendapatkan dana kur tersebut.

Diakuinya bahwa tidak mudah pemerintah menyalurkan dana kur kepada koperasi tersebut, dia harus melewati beberapa tahapan yang harus di lewati terutama kesehatan koperasi dan infastruktur IT.

“Kualitas koperasi itu harus sama dengan bank karena Bank Indonesia dan OJK akan melihat itu, sehingga kita tidak sembarang mengusulkan koperasi tersebut mendapatkan dana kur ini,” tandas dia.

Menurut dia, Koperasi Kredit Obor Mas Maumere telah memenuhi persyaratan terutama dalam bidang informasi Teknologi (IT) telah memenuhi persyaratan seperti memiliki sistem online dengan sistem informasi kredit program, dan juga koperasi ini kualitasnya sudah sama dengan bank serta pengelolahan keuangannya sangat trasnparan sekali.

“Koperasi Obor Mas Maumere ini yang kedua mendapatkan dana kur ini di Indonesia sebelumnya ada Koperasi kerdit Keling Kumang yang ada di Kalimantan Barat yang pertama mendapatkan dana kur,Kalau di NTT sendiri hanya Koperasi Obor Mas yang pertama mendapatkan dana kur ini,” tandasnya.

Baca Juga :  Dandim Sikka menanggapi pembinaan Kodam IX Udayana

Pencarian Terkait:

  • kopdit obor mas kabupaten sikka nusa tenggara tim
  • gaji karyawan koperasi obor mas
  • Koperasi Obor Mas Kabupaten Sikka Nusa Tenggara Tim
  • koperasi obor mas kabupaten sikka nusa tenggara tim 86111
  • persyaratan masuk cu obor mas
  • syarat menjadi anggota kopetsi obor mas
  • syarat kredit kopdit kupang
  • Syarat jadi anggota kopdit obor mas
  • Persaratan masuk obor mas
  • Kopdit obormas

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button