Home / News NTT / 10 penyakit paling banyak diidap masyarakat Kota Kupang…

10 penyakit paling banyak diidap masyarakat Kota Kupang…

Direktris RSUD S. K. Lerik Marsiana Halek. (foto: kupang.tribunnews.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sejak Januari hingga Maret 2017, ada 10 penyakit yang paling banyak diidap oleh masyarakat Kota Kupang.

Hal tersebut mengacu pada data rilis yang dikeluarkan oleh pihak manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) S.K. Lerik Kota Kupang, tentang jumlah pasien yang dirawat, dan jenis penyakit yang diderita dalam kurun waktu tiga bulan terakhir ini.

Direktris RSUD S. K. Lerik Marsiana Halek di ruang kerjanya, Kota Kupang, Jumat (5/5/2017) menjelaskan bahwa ada 10 penyakit yang masuk daftar paling banyak terjadi pada bulan Januari hingga Maret, dipengaruhi cuaca sehingga memudahkan masyarakat terserang penyakit.

“10 penyakit yang paling banyak terjadi, kategori pasien rawat jalan di RSUD S. K. Lerik yaitu Dispepsia (gangguan lambung/maag) sebanyak 300 pasien. Sakit demam yang tidak diketahui sebanyak 197 kasus,” katanya.

Selain itu, katanya, kasus penyakit infeksi saluran napas bagian atas akut lainnya sebanyak 185, hipertensi 176, gejala tanda dan penemuan klinik, serta laboratorium 156 kasus, pengawasan kehamilan dengan resiko tinggi 124 kasus, asma 88 kasus, penyakit usus dan peritoneum 101 kasus.

Selain itu, tambahnya, 10 penyakit kategori rawat inap bulan Maret 2017 yaitu penyakit kehamilan dan persalinan lainnya sebanyak 128 pasien, Dispepsia 116 pasien, penyakit usus dan peritoneum 67 pasien, gejala tanda dan penemuan klinik dan laboratorium tidak normal lainnya YDT (yang ditanggung) di tempat lain 64 pasien, demam yang sebabnya tidak diketahui 42 pasien, DBD 39 pasien, pemeriksaan dan pasca persalinan 35 pasien, hipertensi 36 pasien, pneumonia 34 pasien, hipoksia intrauterus dan asfiksia lahir sebanyak 33 pasien.

“Kami terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dan juga terus mengimbau masyarakat untuk lebih baik mencegah dengan rutin memeriksakan kesehatan. Jangan tunggu sampai sakit baru berobat,” pungkas Marsiana Halek.

Baca Juga :  Merasa terpinggirkan, JPP minta Esthon Foenay & Yucun Lepa usung Nike-Melitus

 

Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button