Home / Sains / 14 warga kediri masih dipasung, kapan dimerdekakan?

14 warga kediri masih dipasung, kapan dimerdekakan?

Tim pembebasan pasung saat memandikan Annad (44), salah seorang pengidap gangguan kejiwaan usai dibebaskan dari pasungan di rumahnya di Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/4/2017).(Kompas.com/ M Agus Fauzul Hakim)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Terdapat sekitar 14 warga di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang masih hidup dalam pemasungan akibat mengalami gangguan kejiwaan.

Pemerintah setempat berupaya melepas jerat pasung tersebut.

“Kita targetkan tahun ini semuanya sudah bebas pasung,” ujar Adi Laksono, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (15/5/2017).

Adi mengungkapkan, sebelumnya ada sekitar 180 orang yang dipasung. Jumlah mereka semakin sedikit karena telah banyak yang dibebaskan berkat meningkatnya kesadaran dari pihak keluarga.

Para warga pengidap gangguan kejiwaan itu kini telah terjangkau akses kesehatan bahkan secara gratis. Itu sejalan dengan program pemerintah provinsi bebas pasung di tahun 2017 ini.

Menurut Adi, sebelumnya pemerintah cenderung kesulitan mendapatkan akses karena pihak keluarga kerap menutupi jika ada anggota keluarga yang mengalami gangguan kejiwaan atau bahkan menolak pengobatan.

Dinas Kesehatan dan satker lainnya saat ini rutin mendatangi rumah tempat orang gila dipasung, lalu membawanya ke rumah sakit jiwa rujukan pemprov untuk menjalani penanganan medis.

Baca Juga :  Ramuan tradisional terpercaya atasi sejumlah penyakit Anda

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button