Home / Sains / 6 hal penting bagi penderita maag kala puasa

6 hal penting bagi penderita maag kala puasa

ilustrasi maag. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/igor.stevanovic

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Suatu kebahagiaan dan keberkahan bagi umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa dalam keadaan sehat.

Sebab ketika kondisi tubuh sehat, puasa pun akan berjalan dengan lancar. Ironi saat ada sebagian orang khawatir menjalankan puasa justru membuat penyakit yang diderita kambuh.

Contohnya penderita sakit maag. Sebab penderita penyakit ini pada umumnya kondisi perut tidak boleh kosong.

Lalu bagaimana supaya puasa tetap lancar sebulan penuh bagi penderita sakit maag?

Dilansir dari buku Sehat dan Bugar Selama Puasa dan Ramadan, karangan Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan, Universitas Diponegoro, Prof Dr. dr Anies memberikan beberapa tips puasa bagi orang yang mempunyai penyakit maag.

1. Wajib makan sahur

Untuk mencegah lambung kosong dan menyiapkan energi esok hari, penderita maag harus makan sahur. Tak lupa juga minum obat maag setelah makan sahur.

2. Menyegerakan saat berbuka

Ketika mendengar adzan maghrib berkumandang segera berbuka karena perut sudah kosong dalam beberapa jam. Santap minuman manis dan hangat, lalu makan makanan ringan manis seperti kurma. Makanan tinggi glukosa akan mudah diserap sehingga tidak meningkatkan asam lambung. Agar lambung tidak kaget sebaiknya tidak langsung makan nasi.

Baca Juga :  Jangan minder, inilah 9 Keuntungan berpayudara Kecil

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button