Home / News NTT / 82 ASN Pemkot Kupang jalani Test HIV/AIDS

82 ASN Pemkot Kupang jalani Test HIV/AIDS

Ilustrasu: Petugas BNN berada di Kantor Kemenag Rote Ndao melakukan tes urine para pegawai di kantor itu. (foto: kupang.tribunnews.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Dinas Kesehatan Kota Kupang, Yayasan Tanpa Batas (YTB), dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Kupang telah menyelenggaran sero-survey.

“Survei tersebut dalam rangka menjangkau kelompok yang rentan terhadap penularan HIV/AIDS di Kota Kupang. Dari hasil survey yang dilakukan, sebanyak 82 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Kupang telah diambil sampel darahnya,” kata Kepala Bidang Penaggulangan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih kepada wartawan di rung kerjanya, Rabu (3/5/2017).

Dikatakan, sero-survey mulai dilakukan kemarin (2/5/2017) di beberapa dinas di lingkup pemerintah Kota Kupang, dan antusias ASN yang ingin diambil sampel darahnya melebihi dari target yang dicanangkan.

“Kami hanya menargetkan 50 orang untuk pengambilan sampel darahnya, tetapi ASN yang mau diambil darahnya berjumlah 82 orang,” katanya.

Menurut dia, sero-survey yang dilakukan oleh Dinkes di lingkup pemerintah Kota Kupang, karena berdasarkan data direkap sejak tahun 2000 hingga tahun 2016, ada sebanyak 1015 penderita HIV/AIDS di Kota Kupang. Dari jumlah sebanyak itu, 11 persen penderita merupakan ASN yang berada di Kota Kupang.

“Dengan jumlah sebanyak itu, ASN termasuk dalam kelompok yang rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS di Kota Kupang, sehingga Dinas Kesehatan merasa perlu mellakukan pendeteksian penyebaran HIV/AIDS terhadap kelompok yang rentan terhadap penyebaran HIV/AIDS di Kota Kupang,” pungkas dia.

 

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Pemkot Kupang Raup PAD Capai 94 Persen

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button