Home / News NTT / Faustinus Vasco: Segera Audit Keuangan Unipa Maumere !

Faustinus Vasco: Segera Audit Keuangan Unipa Maumere !

faustinus vasco. (foto: angga lispro/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sejak berdirinya Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Maumere belum disentuh Auditor Negara seperti BPKP maupun Auditor Independen.

Hal ini perlu dilakukan untuk melihat perkembangan kampus Unipa termasuk hal-hal yang urgensi terkait sudut pandang Auditor soal kepemilikan Kampus Unipa dan pengelolaannya.

Menurut Faustinus Vasco saat ditemui moral-politik.com di Maumere, Selasa (9/5/2017) bahwa keuangan di kampus Unipa Maumere perlu diaudit karena menjadi penting dan tidak bermaksud tendensius apalagi apriori justru hal ini semata-mata ingin agar kampus Unipa Maumere menjadi lebih baik.

“Tujuan diaudit hanya untuk memeriksa kesesuaian komponen sistem mutu akademik dengan standar akademik dan memeriksa efektifitas pencapaian tujuan, serta memberikan kesempatan kepada audit untuk perbaikan mutu pendidikan,” katanya.

Selain itu juga, tambahnya, untuk menjamin efektifitas perbaikan mutu yang belum memenuhi standar akademik serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dalam proses pencapaian standar akademik dan pengelolaan keuangan .

Lanjutnya, audit keuangan ini berfungsi untuk memfasilitasi evaluasi sistem control dan penjaminan mutu akademik, menyakinkan akuntabilitas institusi dalam hal penjaminan mutu kelulusan, meningkatkan kemampuan institusi dalam memilih prioritas pengambilan keputusan, memudahkan institusi dalam merespons permintaan audit eksternal mengenal mutu, dan memfasilitasi penyebaran cara kerja baik, serta menjadi sarana untuk peningkatan mutu sekaligus memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan standar yang ditetapkan.

“Dasar diaudit karena Unipa Maumere adalah milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sikka yang tertuang dalam Statute Unipa, maka secara administrasi merupakan aset daerah bersamaan dengan ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2005 tentang akuntansi berbasis kas menuju aktual.” tandasnya.

Baca Juga :  Tahun 2017, Kota Kupang ditimpa 11 bencana

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button