Home / News NTT / Gabriel Kennenbudi: Pemprov NTT Fokus Bangun Pariwisata !

Gabriel Kennenbudi: Pemprov NTT Fokus Bangun Pariwisata !

Gabriel Kennenbudi. (foto: ist)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) seyogyanya lebih gencar untuk membangun kepariwisataan di daerah yang kaya sumber daya alam (SDA) ini.

Pemikiran tersebut mengemuka ketika dilakukan urun rembuk tak dinyana-nyana dengan salah satu politisi muda Partai NasDem NTT Gabriel Kennenbudi di kantor moral-politik.com, Jalan Nangka 77, Kelurahan Oeba, Kota Kupang, Senin (8/5/2017) petang.

Anak Kota Kupang asli yang pernah berdomisili selama 16 tahun di Munich, Germany ini menuturkan, jika pemerintah Provinsi NTT ingin membangun kepariwisataan maka mulai dari sekarang memerhatikan pendidikan terhadap siswa-siswa SD, SMP, SLTA dan sederajatnya, melalui pelajaran muatan lokal (Mulok) yang berbasis pada kepariwisataan.

“Pelajaran Mulok Kepariwisataan yang perlu mendapat perhatian pemerintah adalah Bahasa Asing, Tarian Tradisional, Tata Boga, Tata Hidangan, dan menjadi Pemandu Wisata (Guide) bagi wisatawan mancanegara yang datang berkunjung ke NTT,” katanya.

Ia mencontohkan bahwa Mulok kini lebih banyak mengajarkan tentang Sejarah Timor, Amarasi, Rote, Sabu, Flores, Lembata, Sumba, yang menyebabkan siswa tak berminat untuk mempelajarinya. Selain itu manfaatnya bagi masa depan siswa tak bisa terukur sama sekali.

Idealnya, katanya, Mulok di sekolah-sekolah berupa pembentukan grup-grup lalu mengundang para ahli atau mereka yang berpengalaman di dunia bisnis untuk bercerita tentang pengalamannya, sehingga bisa mendorong anak-anak untuk mulai berpikir menjadi entrepreuner muda.

“Jika Pemprov NTT berniat untuk membangun kepariwisataan maka harus terintegrasi. Mulai dari sekolah, pemerintah, dunia usaha, masyarakat, dan wisatawan itu sendiri,” tambahnya.

Menurutnya, lima pilar ini harus bersinergi dalam semangat saling menguntungkan satu dengan yang lainnya, sehingga kemitraan yang dibangun adalah sama-sama menang.

 

Penulis: Erny

 

 

Baca Juga :  Jonas Salean: Realisasi Fisik Tanggul Kuanfaut Sudah 71 Persen!

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button