Home / Video / Herry Kadja sesalkan Pembangunan Gedung Transmart tanpa IMB

Herry Kadja sesalkan Pembangunan Gedung Transmart tanpa IMB

Herry Dahi Kadja. (foto: portalntt.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Selama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang hanya tegas kepada rakyatnya sendiri yang ingin membangun rumah, beda dengan kantor dan bangunan lainnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang Herry Dahi Kadja yang dimintai komentaranya soal pembangunan gedung Transmart tanpa Izin Mendirikan Bangunan (IMB) mengatakan keprihatinan dan penyesalannya yang mendalam.

Menurutnya, untuk proyek-proyek bangunan yang besar, sepertinya pemerintah tidak melakukan pengawasan, atau memang sengaja membiarkan pembangunan tanpa IMB. Padahal, pembangunan pusat perbelanjaan seperti Transmart harus melalui beberapa proses perijinan.

“Syarat mengurus IMB, harus ada sertifikat, ada ijin instalasi penglolaan air limbah (Ipal) dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, dan setelah itu baru proses IMB. Setelah IMB keluar baru boleh di bangun. Namun sesuai penjelasan Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Ipal belum dikeluarkan, tapi proses IMB sudah berjalan di Dinas PUPR. Hal ini menjadi tandatanya besar buat kami, dan kenapa proses yang tidak prosedural seperti itu bisa terjadi,” kata Kadja di Kota Kupang, Senin (15/5/2017).

Kadja juga mengaku kesal dengan pembangunan tanpa IMB, sebab kalau masyarakat kecil yang membangun rumah, wajib hukumnya mempunyai IMB.

Tetapi kalau bangunan-bangunan besar milik perusahan swasta, sambung dia, maupun milik pemerintah, selalu saja bermasalah dalam proses perijinan.

Baca Juga :  Hendri Satrio: Ahok harus menang supaya Jokowi aman

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button