Home / Sains / Inilah makhluk raksasa yang terdampar di Maluku

Inilah makhluk raksasa yang terdampar di Maluku

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Tim Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah meneliti satu bangkai makhluk raksasa yang terdampar di Maluku.

Bangkai tersebut tepatnya ditemukan di pantai Dusun Hulung, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat, Maluku.

Tim peneliti memastikan bahwa makhluk itu adalah paus.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Laut Dalam LIPI Augy Syahailatua, makhluk itu memang sempat dikira cumi raksasa. Tetapi setelah diobservasi dan diteliti, bukan cumi, melainkan paus.

“Sempat diduga sebagai cumi raksasa, hewan laut yang terdampar sejak Selasa (9/5/2017) ini ternyata adalah paus,” kata Augy melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id pada Selasa (16/5/2017).

Tim peneliti yang terdiri tiga orang itu sudah mengobservasi bangkai paus tersebut kemarin petang, ketika air laut surut, untuk memudahkan pengukuran dan pengambilan foto serta sampel. Sampel bangkai paus itu juga sudah diuji laboratorium.

Berdasarkan hasil observasi, didapat data tubuh paus itu sepanjang 23,20 meter dan lebar 6,50 meter. Panjang sirip dada 2,80 meter, panjang sirip ekor 1,74 meter, lebar sirip ekor 0,59 meter, dan lebar seluruh sirip ekor 3,33 meter. Panjang tulang rahang bawah yang tampak 5,30 meter, panjang rahang atas 3,73 meter, lebar rahang atas 1,35 meter, panjang ruas tulang dekat ekor 0,27 meter, dan panjang ruas tulang dekat punggung 0,70 meter.

Baca Juga :  "Ground Breaking" atau "Launching" Jembatan Pancasila Palmerah? Ini sebut Andre Koreh...

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button