Home / Populer / Inilah penilaian Prof. Jeffrey Winters terhadap Jokowi

Inilah penilaian Prof. Jeffrey Winters terhadap Jokowi

presiden joko widodo/net

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Joko Widodo (Jokowi) dinilai sebagai presiden terlemah dalam sejarah Indonesia.

Hal ini terjadi bukan saja karena Jokowi tidak memiliki modal dukungan politik yang cukup, melainkan juga karena ketidakmampuan pemerintahannya menghadapi situasi ekonomi global yang melemah.

Demikian pandangan analis politik dari Northwestern University, Prof. Jeffrey Winters seperti dikutip Wall Street Journal. “Jokowi presiden terlemah sejak masa Gus Dur. Dia ditinju oleh tokoh-tokoh politik yang tidak peduli dia jatuh,” ujar Jeffrey Winters.

Hal yang paling menonjol yang dicatat WSJ adalah hubungan Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang sangat kompleks. Walaupun Mega tidak memiliki posisi formal dalam pemerintahan, tetapi dia sangat mempengaruhi pemerintahan Jokowi. Di sisi lain, walaupun kini menjadi partai penguasa, setelah selama satu dekade sebelumnya menjadi oposisi, pada faktanya di parlemen PDIP hanya memimpin koalisi kecil.

Orang-orang yang dekat dengan Mega dan Jokowi mengatakan bahwa keduanya kerap bertemu, dan Jokowi sering menerima saran dari Mega.

Beberapa investor asing keberatan dengan hal ini. Menurut mereka, ini memperlihatkan betapa Jokowi terikat pada gagasan nasionalisme yang membuat investasi asing menjadi sulit di Indonesia.

Selain Mega, tokoh politik lain yang saran-sarannya kerap didengarkan Jokowi adalah Aburizal Bakrie dan Prabowo Subianto.

Baca Juga :  TPI Kota Kupang kembali normal setelah didera isu Formalin (7)

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button