Home / News NTT / Jaksa periksa Silvanus Tibo terkait Bantuan Pengungsi Palue

Jaksa periksa Silvanus Tibo terkait Bantuan Pengungsi Palue

Kepala Kejaksaan Negeri Maumere Azman Tanjung. ( foto: angga lispro/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sikka, Silvanus Tibo kembali diperiksa oleh Kejaksaan Negeri Maumere.

Pemeriksaan terhadap Silvanus Tibo terkait dugaan penyimpangan penggunaan anggaran tahap II tahun 2014 bantuan pengungsi Palue dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebesar Rp. 6 Miliar lebih

Sebelumnya, mantan Kepala BPBD ini telah divonis dua tahun penjara dalam kasus dugaan korupsi proyek Mandi Cuci Kakus (MCK) di Hewuli, Kecamatan Alok Barat tahun anggaran 2013 oleh majelis hakim di pengadilan tindak pidana korupsi (TIPIKOR) Kupang.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri Maumere Azman Tanjung bahwa ada dugaan korupsi penyimpangan penggunaan anggaran tahap II tahun 2014 berupa bantuan perumahan untuk pengungsi Palue dari BPDN sebesar Rp. 6 Miliar. Pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 20 saksi untuk diambil keterangan termasuk Silvanus Tibo itu sendiri.

Berdasarkan, katanya, penyelidikan pada bulan Oktober tahun 2016, pembangunan perumahan pengungsi Palue hanya 150 kepala keluarga, sehingga kita mempertanyakan 228 kepala keluarga yang tidak dibangun rumahnya. Hasil penyelidikan, ada beberapa item yang tidak ada pertanggungjawaban.

“Yang bertanggung jawab sementara ini dalam dugaan korupsi penyimpangan penggunaan anggaran tahap II tahun 2014 berupa bantuan perumahan ini, menurut hasil penyelidikan kita itu adalah mantan Kepala BPBD Kabupaten Sikka Silvanus Tibo yang sekarang sudah di penjara. Dia harus bertanggung jawab lagi penggunaan dana tahap II ini sedangkan Bendaharanya kita sudah tetapkan tersangka,” tegasnya kepada moral-politik.com di Ruang Kerjanya, Kantor Kejaksaan Negeri Maumere, Selasa (23/5/2017).

Baca Juga :  Pemprov NTT diminta perhatikan ruas jalan Oesao - Buraen

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button