MORAL-POLITIK.COM: Publik Rusia bisa bernapas lega, pihak berwajib dan tim pakar keamanan siber Kaspersky Lab berhasil menagkap hacker terbesar dalam sejarah Negeri Beruang Merah.

Berdasarkan siaran pers Kaspersky Lab (06/06), Kaspersky Lab, Sberbank (salah satu bank terbesar di Rusia), dan Kepolisian Rusia sukses menangkap 50 orang hacker. Puluhan hacker ini bertanggung jawab atas kasus pencurian USD 45 juta atau sekitar Rp 604 miliar sejak tahun 2011 lalu.

Di 2011, Kaspersky Lab memang sudah mendeteksi adanya aktivitas kelompok hacker terorganisir yang menggunakan Trojan Lurk untuk menarget pelanggan perbankan.

Trojan Lurk adalah sebuah malware canggih, universal, dan multi-modular dengan fungsi yang luas, yakni mendapatkan akses ke komputer korban. Kelompok hacker ini memiliki misi yang spesifik yaitu mencari cara agar dapat mengontrol layanan perbankan dari jarak jauh sehingga mereka bisa mencuri uang dari rekening para nasabah.

Hebatnya lagi, selama proses penangkapan polisi Rusia juga berhasil mencegah pengiriman transaksi uang palsu senilai lebih dari USD 30 juta atau Rp 403 miliar.

 

Penulis  : Bramy Biantoro
Editor   : Athen
Sumber : Kaspersky Lab [bbo], Merdeka.com
Baca Juga :  Hotman Paris tanggapi Jaksa Agung sebut Hary Tanoe tersangka