Home / Opini / Opini: Menggagas orientasi pendidikan kita

Opini: Menggagas orientasi pendidikan kita

emil soge. (foto: akun fb emil soge)

Bagikan Halaman ini

Share Button
Oleh: Emil Soge *)

 

MORAL-POLITIK.COM: Kunci pembangunan masa depan bagi bangsa dan negara Indonesia ialah pendidikan.

Sebab lewat pendidikan diharapkan setiap individu dapat meningkatkan kualitas keberadaanya dan mampu berpartisipasi dalam pembangunan.

Pendidikan merupakan alat untuk memperbaiki keadaan sekarang, juga untuk mempersiapkan dunia esok yang lebih baik serta lebih sejahtera. Di samping itu pendidikan merupakan masalah yang amat kompleks dan teramat penting, karena menyangkut macam-macam sektor kehidupan bagi pemerintah dan rakyat. Oleh karena itu diperlukan pemecahan permasalahannya secara terpadu.

Mendidik dan mengajar merupakan perbuatan teramat penting dan bermartabat tinggi untuk membawa anak manusia pada tingkat manusiawi dan taraf peradaban, khususnya pada zaman modern dengan segala kompleksitasnya.

Tanpa pendidikan, anak tidak akan dapat mencapai martabat kemanusiaan, tidak bisa menjadi pribadi utuh, juga tidak bisa menjadi insan sosial dan abdi Tuhan Yang Maha Esa yang soleh. Sebab anak manusia itu dilahirkan dalam keadaan serba kurang lengkap, dengan naluri dan fungsi-fungsi jasmani – rohani yang belum berkembang.

Perbuatan mendidik adalah kegiatan kreatif untuk membimbing anak manusia pada tujuan-tujuan pendidikan. Sedangkan tujuan pendidikan merupakan turunan atau penjabaran dari tujuan hidup orang dewasa. Maka pendidikan tidak bisa dipahami terpisah dari hakekat kehidupan manusia. Sebab sasaran hidup dan tujuan akhir hidup manusia pada hakekatnya menentukan bentuk-bentuk pendidikan dan tujuan pendidikan.

Perbuatan mendidik berlangsung dalam ruang / tempat dan rentang waktu tertentu. Didorong oleh besarnya tanggung jawab moril para pendidik, dan untuk menjamin keberhasilan proses mendidik, maka perbuatan mendidik itu harus dipikirkan dengan cermat, terencana dengan baik, dan dipersiapkan dengan hati-hati demi perkembangan yang positif dari kepribadian anak.

Baca Juga :  Vitalia Shesya: Fathanah Pesan 2 Kamar di Hotel Le Meridien

Karena itu perbuatan mendidik merupakan aktivitas kreatif, sebab mengandung benar dan baik untuk membawa anak pada banyak perkembangan, kedewasaan dan kemandirian.

Menurut M.J. Langeveld, pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan. Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas-tuga hidupnya, agar dia bisamandiri, dan bertanggung jawab secara asusila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentu diri susila dan bertanggung jawab.

< 1 2 3 4 5>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button