Home / News NTT / Pemerintah FirmanMu juga lakukan reformasi sistem parkiran

Pemerintah FirmanMu juga lakukan reformasi sistem parkiran

Calon Walikota Kupang Jefri Riwu Kore dan Wakil Walikota Hermanus Man (FirmanMu). foto: penanusantara.com/moral-politik.com.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang yang akan dipimpin oleh Walikota dan Wakil Walikota Kupang terpilih Jefri Riwu Kore dan Hermanus Man (FirmanMu) bakal melakukan reformasi parkiran.

Menurut pengakuan Wakil Walikota Kupang terpilih Hermanus Man, pada tahun 2018 mendatang Pemkota Kupang akan mengelola sendiri retribusi parkiran di Kota Kupang.

Sesuai rencana, Pemkot akan bekerja sama dengan pihak Samsat untuk sekali melakukan pungutan parkiran untuk jangka waktu setahun.

“Kami berencana pengelolaan parkiran tidak lagi diberikan kepada pihak ketiga, karena tidak menguntungkan Pemkot Kupang,” kata Hermanus Man kepada wartawan digedung DPRD Kota Kupang, Selasa (22/5/2017) siang.

Hermanus Man yang saat ini masih aktif menjabat sebagai Wakil Walikota Kupang mengatakan, realisasi PAD dari parkiran selama pengelolaannya diberikan kepada pihak ketiga, hasilnya jauh dari harapan. Padahal jumlah kendaraan sesuai data berjumlah 158. 185 yang terdiri dari kendaraan roda dua sebanyak 139 026, kendaraan roda empat jenis sedan, jip/mini bus, station wagon sebanyak 12859, bus mini 255, truk, tangki, pick up, 5986, dan traktor heat 46.

“Dari jumlah kendaraan sebanyak itu, sebenarnya PAD dari retribusi parkiran bisa mencapai puluhan miliar, namun realisasi PAD dari retribusi parkiran tidak menembus angka miliar. Untuk itu pemerintah merasa perlu menyiasati cara baru untuk meningkatkan PAD dari sektor parkiran,” katanya.

Menurutnya, untuk menerapkan metode baru dalam pemungutan parkiran di tahun 2018 mendatang, Pemkot Kupang akan menganggarkan anggaran sebesar Rp. 4 atau 5 miliar. Anggaran sebesar itu untuk menggaji ratusan tenaga honor yang akan direkrut untuk bekerja sebagai juru parkir.

 

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Kepala Sekolah ini keluhkan Dana BOS

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button