Home / News NTT / Pilkada Kota Kupang menyisahkan dana Rp3,4 Miliar

Pilkada Kota Kupang menyisahkan dana Rp3,4 Miliar

Rens Tokoh (kiri).

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sesuai kesepakatan antara pemerintah Kota Kupang dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), lewat Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terdapat dana sebesar Rp. 23,4 miliar yang dihibahkan.

Hibah dari pemerintah kepada KPU Kota Kupang untuk penyelenggaraan pilkada Kota Kupang. Namun dana itu tidak semuanya dicairkan oleh pihak KPU, hanya Rp. 20 miliar saja yang dicairkan.

“Tidak semua dana dicairkan oleh KPU. Masih tersisa Rp. 3,4 miliar yang tidak dicairkan,” kata Asisten III Setda Kota Kupang Rens Tokoh kepada wartawan di Balai Kota Kupang, Rabu (24/5/2017) siang.

Menurut Tokoh, tidak dicairkannya dana sebesar Rp. 3,4 miliar, mungkin disebabkan alokasi awal sebesar Rp. 20 miliar telah mencukupi semua pembiayaan pilkada Kota Kupang, karena estimasi awal KPU untuk mendapat persetujuan dana sebesar Rp. 23,4 miliar, untuk tujuh pasangan calon yang akan mengikuti pilkada Kota Kupang.

“Awalnya KPU mengajukan draft anggaran sebesar Rp. 30 miliar. Namun setelah dirasionalisasi disepakati anggaran sebesar Rp. 23,4 miliar, dengan estimasi tujuh pasangan calon yang akan mengikuti pilkada Kota Kupang. Namun dalam pelaksanaannya hanya dua paket saja, sehingga dana tersisa tidak lagi diminta,” katanya.

Sebenarnyam, tambahnya, NPHD akan dilakukan sebanyak dua kali, karena pencairan pertama pada pada Mei 2016, yang dianggarkan pada APBD murni tahun 2016 sebesar Rp. 20 miliar. Kemudian sisanya sebesar Rp. 3,4 miliar baru dianggarkan pada perubahan APBD tahun 2016.

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Pilkada Kota Kupang, Jonas Salean tetap gandeng Hermanus Man

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button