Home / Sejarah / Umat membangun Gereja Katedral Kristus Raja Kupang (1)

Umat membangun Gereja Katedral Kristus Raja Kupang (1)

Gereja Katedral Kristus Raja Kupang dua bulan yang lalu (foto: v.j.boekan)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kerinduan umat di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang untuk memiliki gereja baru patut dijempoli berkali-kali.

Bayangkan saja, pada pengumuman di akhir misa kelima Minggu (20/5/2017) pukul 19.30 Wita, dana partisipasi dari umat yang telah terkumpul berjumlah Rp. 637.777.162,72.

Besarnya dana yang telah terkumpul tersebut dari hasil partisipasi terhitung surat himbauan dari Pastor Paroki Katedral Kristus Raja Kupang Rm. Ambros Lajar, Pr kepada para ketua Kelompok Umat Basis (KUB) se Paroki yang diketuainya itu, tanggal 1 Juli 2016.

Catatan saya sebagai umat di paroki yang dipimpin oleh Uskup Agung Kupang Mgr. Petrus Turang ini, setiap umat diharapkan partisipasinya per minggu Rp. 5.000. Jadi jika dalam satu rumah ada satu umat berarti dana yang mesti diberikan kepada gereja melalui ketua Kelompok Umat Basis (KUB) perbulan sebesar Rp. 20.000. Jika ada tiga umat maka perbulan Rp. 60.000, dan hitungan-hitungan selanjutnya.

Dengan demikian bisa diprediksikan, jika aksi solidaritas pembangunan gereja umat berdikari ini berlangsung selama satu tahun, maka dana partisipasi umat yang terkumpul bisa mencapai angka Rp. 1,5 Milyar. Dua tahun berarti Rp. 3 Milyar, tiga tahun Rp. 4,5 Milyar, empat tahun Rp. 6 Milyar.

Berapa sesungguhnya dana yang dibutuhkan untuk pembangunan gereja baru tersebut? Nantikan alkisah berikutnya yang akan dikonfirmasikan dengan pastor berkompoten di paroki tua di Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Sabu Raijua, Rote Ndao, dan Alor ini. (bersambung)

 

Penulis: V.J.Boekan
Baca Juga :  Kisah dramatisnya terpidana mati lolos eksekusi di menit akhir

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button