Home / Sejarah / Cerita sulitnya menyusun Pancasila, kini kau tega merusaknya

Cerita sulitnya menyusun Pancasila, kini kau tega merusaknya

Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta(Dok. Kompas)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pagi ini saya browsing berbagai isi lengkap pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang disampaikan saat berlangsung sidang BPUPKI 1 Juni 1945.

Pidato Bung Karno inipula yang dijadikan dasar untuk diperingatinya hari Lahirnya Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Mendengarkan kata demi kalimat yang disampaikan Bung Karno tersebut, entah kenapa saya benar-benar merasa merinding dibuatnya.

Saya juga langsung membayangkan suasana saat itu, dimana saat itu kondisi bangsa ini masih dijajah.

Saat kondisi belum merdeka, tentunya tekanan, ancaman, bisa saja terjadi kapanpun dan tidak ada yang bisa menjamin keselamatan atas setiap orang, termasuk mereka para pejuang yang sedang mengikuti rapat BPUPKI.

BPUPKI [Badan Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia], saat itu berlangsung sejak 29 Mei – 1 Juni 1945, yang diketuai oleh Dr KRT Radjiman Wedyodiningrat.

Inti dari sidang yang ebrlangsung selama tiga hari tersebut yaitu untuk menemukan jawaban atas pertanyaan Dr Radjiman, yaitu sebuah pertanyaan berbunyi, “Indonesia merdeka yang akan kita dirikan nanti, dasarnya apa?”

Dari banyaknya gagasan, maka yang paling bersejarah adalah gagasan Bung Karno yang disampaikan melalui pidato yang kemudian saat ini kita kenal menjadi tonggak sejarah lahirnya pancasila.

Baca Juga :  Ini Cerita di Balik Berita Utama "Kompas" Presiden Soeharto Siap Mundur

< 1 2 3 4 5>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button