Home / Traditional Dress / Hebat! Banyuwangi manjakan wisatawan saat libur Lebaran

Hebat! Banyuwangi manjakan wisatawan saat libur Lebaran

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur bersama masyarakat setempat menyiapkan sejumlah atraksi wisata berbasis seni budaya.

Penyiapan atraksi ini untuk para wisatawan yang menghabiskan libur Lebaran di daerah yang terletak di ujung timur Pulau Jawa itu.

Beragam atraksi yang menemani wisatawan di antaranya tradisi Barong Ider Bumi, Seblang Olehsari, hingga Puter Kayun. Selain itu, tentu wisatawan bisa menikmati sejumlah destinasi alam, mulai pegunungan hingga kawasan pantai.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, Banyuwangi memiliki agenda wisata bertajuk Banyuwangi Festival (B-Fest) yang dihelat sepanjang tahun.

“Banyuwangi Festival sengaja kami gelar sepanjang tahun agar wisatawan bisa menikmati beragam atraksi kapan pun mereka berlibur di Banyuwangi. Termasuk, saat menghabiskan Lebaran di Banyuwangi,” tutur Anas dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat 23 Juni 2017.

Anas menyebutkan salah satu tradisi, Barong Ider Bumi yang digelar setiap hari kedua Lebaran. Tradisi yang tahun ini akan digelar pada 26 Juni tersebut menyuguhkan keunikan ritual adat Barong Ider Bumi. Ritual bersih desa yang dilakukan masyarakat Desa Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi untuk bisa menghilangkan sial (tolak bala) dari desa tersebut.

“Menteri Pariwisata Arief Yahya dipastikan hadir meramaikan tradisi ini. Beliau akan keliling Desa Kemiren naik kuda dengan diiringi Barong khas Suku Using. Setelah keliling, bersama warga desa dan wisatawan akan kenduri dengan hidangan kuliner khas suku Osing ‘pecel pitik’ (ayam kampung yang dibakar dengan ditaburi kelapa). Jangan lewatkan, karena tradisi ini unik,” kata Anas.

Selain itu, khusus bagi para perantau asal Banyuwangi, Anas telah menyiapkan acara Diaspora Banyuwangi yang akan dihadiri para pemudik asal Banyuwangi sedunia.

Baca Juga :  Paskah bersama telur istimewa karya 2 desainer "beken"

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button