Home / News NTT / Kisah masyarakat Kabupaten Sikka yang masih minum air hujan

Kisah masyarakat Kabupaten Sikka yang masih minum air hujan

foto: angga lispro/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sejak Indonesia merdeka sampai sekarang, masih ada wilayah yang sampai sekarang masyarakatnya belum menikmati air bersih.

Kisah pilu ini nyata di Dusun Dobo, Desa Ian Tena, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat yang bermukim di dusun tersebut sampai sekarang masih mengandalkan air hujan sebagai kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Pasalnya sampai hari ini masyarakat belum tersentuh pelayanan air bersih dari pihak Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) seperti yang dirasakan oleh masyarakat yang ada diwilayah perkotaan.

Air hujan menjadi sumber utama bagi masyarakat ini untuk minum, memasak dan mandi. Mengkomsumsi air hujan tentu mengundang datangnya berbagai penyakit sehingga tidak cocok untuk kesehatan tubuh manusia, tapi mau bilang apa, bahaya air hujan tersebut tidak dihiraukan oleh masyarakat Dusun Dobo demi mempertahankan hidup mereka.

Saat ditemui media moral-politik.com, Jumat (9/6/2017), salah satu warga Dusun Dobo, Januarius Jale mengatakan, masyarakat di Dusun Dobo terutama di Desa Ian Tena sampai sekarang masih menikmati air hujan untuk kebutuhan memasak, minum dan mandi. Air hujan menjadi pilihan utama kami. Kalau musim hujan semua bak milik warga tentu terisi dengan air hujan, tetapi kalau musim kemarau kami mengalami kesulitan air.

“Kalau musim hujan tentu membawa berkah buat kami, tetapi kalau musim kemarau kami mengalami kesulitan air. Tentunya di musim kemarau ini kami pasti membeli air tangki dengan harga Rp. 250.000 per tangki,” katanya terdengar sangat pilu.

Ia menambahkan, persoalan air ini kita sudah pernah sampaikan kepada pemerintah daerah tetapi tidak pernah realisasi, bahkan ketika ada Anggota DPRD Sikka yang melakukan reses di sini, kita sudah minta agar bisa memperjuangkan buat desa kami di sini untuk bisa menikmati air bersih, tetapi hanya janji-janji saja.

Baca Juga :  Sidang Praperadilan Dahlan Iskan kembali dilanjutkan

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button