Home / News NTT / Kota Kupang: Penderita HIV/AIDS terus bertambah, kini 1065 orang

Kota Kupang: Penderita HIV/AIDS terus bertambah, kini 1065 orang

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih (Foto: metronews.me)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Semenjak dilakukan pendataan penderita HIV/AIDS di Kota Kupang pada tahun 2000, jumlah penderitanya semakin bertambah.

“Sesuai data pada Dinas Kesehatan Kota Kupang, penderita HIV/AIDS di Kota Kupang berjumlah 1065 jiwa,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2T) Dinas Kesehatan Kota Kupang Sri Wahyuningsih kepada moral-politik.com di Balai Kota Kupang, Senin (5/6/2017) siang.

Sri mengaku, jumlah penderita HIV/AIDS sebenarnya masih bisa bertambah, karena berdasarkan hasil zero survey yang dilakukan Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kota Kupang, Yayasan Tanpa Batas, dan beberapa LSM, pada tahun 2016 dan 2017, ditemukan lagi 14 orang yang teridentifikasi mengidap virus HIV, yaitu pada tahun 2016 ditemukan sebanyak 12 orang, dan tahun 2017 sebanyak dua orang.

Namun, katanya, temuan 14 orang dari hasil zero survey belum bisa digabungkan dengan total penderita yang ada, karena dinas masih butuh waktu untuk memastikan dengan baik atau penegakan diagnosa, karena zero survey hanya sebatas penelitian dengan mengambil sampel darah.

“Kalau dari hasil darah yang kami periksa hampir dipastikan mereka terinfeksi HIV/AIDS. Tapi kami butuh melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan dengan benar,” kata Sri

Dari jumlah penderita HIV/AIDS yang terdata, pungkas dia, semuanya sudah menjalani pengobatan dan didampingi oleh Dinkes dan sejumlah LSM di Kota Kupang.

 

Penulis: Nyongki

 

Pencarian Terkait:

  • Penderita hiv di kota kupang semakin bertambah kini tercapai 1065
Baca Juga :  Darurat kebutuhan SKPD, DPRD segera rapat bersama Pemkot Kupang

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button