Home / News NTT / Kuasa hukum Lay Rohi: Bebaskan klien kami !

Kuasa hukum Lay Rohi: Bebaskan klien kami !

foto: semard dju/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Kusa hukum terdakwa Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sabu Raijua (Sarai) meminta majelis hakim pengadilan Tipikor Klas 1A Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) agar bebaskan Lay Rohi dari hukuman.

Hal ini di sampaikan Lay Rohi, Jhon Rihi, Lexi Tungga dan Lesli Lai saat membacakan eksepsi atau nota pembelaan di pengadilan tindak pidana korupsi (Tipikor) Kupang, Kamis (8/6/2017).

Sidang hari ini dengan agenda pembacaan eksepsi yang dibacakan oleh tim kuasa hukum terdakwa dalam kasus dugaan korupsi 100 Embung pada tahun anggaran 2012 dan 2013.

Tim kuasa hukum terdakwa Johanes Rihi saat membacakan eksepsinya mengatakan, kami minta kepada majelis hakim yang mulia agar melepaskan terdakwa dari rumah Tahanan negara, dari segala tuntutan hukumannya.

“Dalam menerima eksepsi keberatan terdakwa untuk seluruhnya menurut hukum bahwa surat dakwaan JPU batal demi hukum atau setidak-tidaknya menyatakan dakwaan penuntut umum tidak dapat diterima. Mengembalikan berkas perkara Kepada penuntut umum. Membebankan biaya perkara Kepada negara,” katanya

Sedangkan, tambahnya, substansi dari eksepsi selanjutnya adalah mengenai apakah dakwaan Penuntut Umum sudah disusun secara benar dan tepat, pantas atau tidak, apakah cukup atau tidak, apakah cukup alasan atau tidak suatu dakwaan yang diajukan oleh Penuntut Umum itu ditujukan kepada terdakwa.

Karena penuntut umum dari Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTT tidak berwewenang menandatangani surat dakwaan penuntut umum tidak memenuhi ketentuan pasal 143 ayat (1), (2) huruf a, b dan ayat (3) KUHP.

“Penuntut Umum yang menandatangani dakwaan atas diri terdakwa bukan Penuntut Umum yang berwenang yakni Penuntut Umum pada Kejari Sabu Raijua, tetapi ditandatangani oleh Penuntut Umum pada Kejati NTT maka dakwaan penuntut umum tersebut menjadi tidak sah,” katanya.

Baca Juga :  Walikota Salean siapkan 5 angkutan umum trayek Naimata ber-AC

Pencarian Terkait:

  • Berita dari rohi
  • dirut PT sasando kupang eksepsi

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button