Home / Sejarah / Menolak lupa sosok Prabowo Subianto…

Menolak lupa sosok Prabowo Subianto…

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Manakala mendengar nama Prabowo Subianto, apa yang langsung dibayangkan oleh orang-orang tentang sosok yang satu ini?

Mantan Danjen Kopassus, penjahat HAM, penculik aktivis, inilah hal umum yang diketahui publik tentang Prabowo.

Tetapi pernahkah kita mendengar tentang Kraras, sebuah kampung di Timor-Leste yang disebut sebagai ‘kampung janda’? Kampung Kraras memiliki hubungan erat dengan Kapten Prabowo.

September 1983.

Hampir semua laki-laki termasuk anak laki-laki di kampung Kraras dibunuh oleh tentara Indonesia. Beberapa orang melarikan diri ke hutan. Saat ditangkap atau menyerahkan diri mereka dipaksa tinggal di sebuah tempat di Kraras yang bernama Lalerek Mutin.

Di tempat ini banyak dari mereka yang mati kelaparan. Siapa dalang dibalik pembunuhan membabi buta di Kraras ini? Menurut Mario Carrascalao – Gubenur Timor Timur waktu itu – kejadian tragis pada 6 Agustus tersebut dikoordinir oleh Prabowo Subianto.

Tragedi Kraras ini berawal dari kasus pelecehan seksual yang dikabarnya dilakukan oleh para tentara Indonesia. Menurut Carrascalao dan sejumlah saksi mata, ada seorang anggota Hansip yang mengaku bahwa istrinya mendapat perlakuan yang tidak senonoh dari anggota militer Indonesia. Anggota Hansip inilah yang kemudia bereaksi dan memukuli anggota militer yang mengganggu istrinya.

Carrascalao mengatakan, berdasarkan laporan yang sampai kepadanya, kejadian ini sudah diatur untuk menciptakan insiden.

Pasalnya, Hansip yang memukuli anggota militer tersebut dibawa ke Viqueqe dan sebelum berangkat, Hansip meminta izin pulang ke rumah untuk mengambil pakaian.

Baca Juga :  Benarkah Artikel Ini Soal Film Porno Pertama?

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button