Home / Populer / Menteri Sri Mulyani: 1 Orang Indonesia berutang Rp 13 Juta

Menteri Sri Mulyani: 1 Orang Indonesia berutang Rp 13 Juta

Foto: Dok. Ditjen Pajak

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Indonesia masih mengalami defisit dalam beberapa tahun terakhir ini.

Penerimaan negara yang sebesar Rp 1.750 triliun jauh lebih kecil ketimbang belanja pemerintah yang sebesar Rp 2.020 triliun.

Demikian diungkapkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dalam kuliah umumnya di Kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN), Tangerang Selatan, Senin (17/4/2017).

Menteri Sri Mulyani mengatakan, dengan jumlah rasio utang Indonesia saat ini sebesar 27% dari Gross Domestic Product (GDP) yang sekitar Rp 13.000 triliun, maka setiap masyarakat di Indonesia memiliki utang sebesar US$ 997 per kepala (Rp 13 juta).

“Kalau kita lihat, Rasio utang kita memang cukup tinggi, tapi tidak tinggi-tinggi amat dibandingkan dengan negara lain, kalau dihitung itu dari hampir 260 juta penduduk, kira-kira utang kita US$ 997 AS per kepala,” kata Menteri Sri Mulyani.

Walau cukup tinggi, namun Menteri Sri Mulyani mengaku, nominal utang Indonesia tersebut nyatanya masih lebih rendah dibandingkan dengan negara lainnya. Ia membandingkan, Amerika dan Jepang memiliki utang yang lebih tinggi dibanding Indonesia.

“Kalau anda jadi orang Amerika Serikat, di sana setiap kepala menanggung utang US$ 62.000. Sedangkan kalau di Jepang sebesar US $85.000 per kepala,” terang Menteri Sri Mulyani.

Baca Juga :  Golkar setuju iklan politik Ical di TV dihentikan

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button