Home / Opini / Opini: Ditolak Undana, diterima Harvard

Opini: Ditolak Undana, diterima Harvard

Kampus Harvard (www.panoramio.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

Penulis: Jonatan A. Lassa*

 

MORAL-POLITIK.COM: Salah satu narasi tua tetapi tetap relevan tentang studi birokrasi dan mengapa birokrasi penting bersumber pada cerita Moses (Musa) dalam Kitab Exodus (Keluaran).

Narasi utama birokasi 4000 tahun lalu dalam konteks politik Teokrasi, Musa, Sang Nabi harus melakukan beberapa rutinitas pengelolaan kuasa: Pertama adalah menjembatani komunikasi kaum pengungsi Ibrani dengan Tuhan. Dalam tugas ini, Musa bertugas melakukan pengadaan distribusi harapan (termasuk pangan) bagi bangsa pengungsi yang kerap kali hidup tak menentu. Kedua regulasi soal hubungan (konflik) antara manusia dengan manusia (intra dan extra-umat).

Logo UNDANA

 

Musa adalah tipikal pemimpin yang awalnya muncul dengan model pelayanan publik yang bersifat spontan dan langsung tanpa hierarki. Jadi bila rakyatnya berjumlah 600,000 orang dalam konteks pengungsi Ibrani dalam pengembaraan 4000 tahun lalu, dan setiap orang memiliki masalah dengan skala prioritas berbeda, dan hanya seorang nabi yang berurusan langsung tiap saat, dan setiap orang minimal membutuhkan 6 menit, maka sehari Musa hanya mampu melayani 240 orang. Diperlukan sebanyak 2500 hari atau 6.9 tahun (tanpa pernah tidur) untuk satu putaran pelayan tiap individu.

Adalah Jetro, sang mertua yang mengamati bahwa model pelayanan publik tersebut terlalu rumit dan terlalu banyak untuk dikerjakan sendiri. Jetro mengatakan bahwa Musa tidak mungkin melalukan tugas ini sendirian. Perlu didelegasikan tugas-tugas demi efektifitas dan jangkauan pelayanan publik (umat). Sistim managemen single fighter bukan saja membuat wajah Tuhan bukan hanya tidak ramah dan kelihatan sangar, tapi juga tak terjangkau dan tak bisa dirasakan.

Logo Harvard University

 

Masukan Jetro sebagai political advisor diikuti Musa dengan mendelegasikan tugas-tugas pelayanan publik. Tugas-tugas tersebut perlu dibuat hierarki menurut tingkat urgensitas dan penting. Pemahaman dasar soal hierarki ini penting dan diperlukan.

Baca Juga :  Natalia da Rosa: Busana Sexi Itu Indah

< 1 2 3 4 5>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button