Home / Opini / Opini: Tour de Flores (II), untuk apa?

Opini: Tour de Flores (II), untuk apa?

Eras San. (foto: eras san/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

                                                                                                                        Oleh: Eras San *)

 

 

MORAL-POLITIK.COM: Tour de Flores jilid II sebentar lagi akan dilaksanakan, tepatnya pada tanggal 24 sampai 29 Juli 2017.

Event internasional ini tentu tujuannya untuk mempromosikan aset pariwisata di Flores. Sektor pariwisata di Flores memang sangat bernilai untuk dikembangkan. Event internasional Tour de Flores dalam pandangan pemerintah tentu sangat berpeluang untuk mempromosikan aset pariwisata di Flores.

Event untuk mengembangkan Flores patut didukung. Namun pengembangannya harus murni untuk pembangunan di Flores bukan untuk kepentingan sekelompok orang saja.

Saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di seluruh Flores tentu sedang mempersiapkan segala sesuatu dalam rangka menyukseskan event ini. Rapat koordinasi antar bupati dan gubernur serta pihat terkait telah dilaksanakan guna membahas persiapan event ini. Hal ini menunjukkan betapa pemerintah serius untuk mendukung kegiatan ini. Dana miliaran rupiah pun tak segan-segan digelontorkan guna mendukung event ini.

Pengembangan sektor pariwasata di Flores tentu didukung oleh masyarakat sejauh pemerintah tidak tutup mata terhadap persoalan lain (misalnya kemiskinann). Kemiskinan di NTT pada umumnya dan di Flores khususnya sudah pada taraf yang mengkhawatirkan.

Peringkat satu untuk provinsi dengan tingkat kemiskinan selalu melekat dengan provinsi NTT. Hal ini harus jadi pertimbangan pemerintah dalam setiap program pembangunan. Sehingga sangat tragis kalau pemerintah tidak menyibukan diri untuk menyelamatkan rakyatnya dari kemiskinan.

Penggunaan dana miliaran rupiah untuk event ini tentu memunculkan banyak tanya. Apakah layak dana miliaran rupiah digelontorkan untuk peseda yang HANYA lewat di daerah kita? Sementara pada saat yang sama kemiskinan merajalela di NTT. Ulasan tentang layak tidaknya dana tersebut dapat diketahui melalui pembedahan makna event ini.

Baca Juga :  Opini: Transmigrasi terampil sebagai model alternatif Pembangunan NTT

Tour de Flores; Investasi

Tour de Flores haruslah dilihat sebagai sebagai investasi untuk masa depan. Event-event sekelas Tour de Flores tentu bertujuan untuk mempromosikan aset pariwasata kepada turis yang mungkin belum mengenal Flores dan segala aset wisata di dalamnya. Dan praktisnya mereka (turis) dapat mengunjungi Flores di masa depan.

Pencarian Terkait:

  • pdip tidak setuju tdl naik jaman sby

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button