Home / News NTT / Pemerintah Kota Kupang siapkan kebijakan ‘Pajak Online’

Pemerintah Kota Kupang siapkan kebijakan ‘Pajak Online’

ilustrasi. (foto: caramudahbayar.blogspot.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pemerintah Kota Kupang akan menerapkan sistem baru di dunia perpajakan, yang akan dikelola oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Mengingat akan diberlakukannya pajak online kepada wajib pajak di Kota Kupang, pihak kami berencana untuk mengusulkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang mengatur tentang pajak online, dalam Sidang II DPRD Kota Kupang,” kata Kepala BPKAD Kota Kupang Jefri Eduard Pelt kepada moral-politik.com, di Gedung DPRD Kota Kupang, Selasa (20/6/2017) yang lalu.

Pemasangan alat untuk sistem online (Typing), katanya, akan masuk dalam ruang privasi dari wajib pajak, karena alat tersebut dipasang semacam tablet mini yang terhubung dengan cash machine milik dari wajib pajak.

Ia menambahkan, kebijakan baru ini butuh aturan yang mengatur soal pemasangan alat tersebut, agar tidak menimbullkan masalah di kemudian hari.

“Typing yang dipasang terhubung langsung dengan cash machine, sehingga ketika ada transaksi pembayaran, misalnya di hotel atau restoran maka transaksi akan termonitor langsung oleh server yang berada pada kantor BPKAD, sehingga berapa besar pajak yang wajib disetorkan oleh wajib pajak, langsung diketahui melalui server,” kata Pelt.

Ia mengaku, draft dari Ranperda sudah disiapkan oleh dinasnya, dan tinggal menunggu kajian akademis, sehingga pada sidang II nantinya, Ranperda dimaksud sudah siap untuk diusulkan dan dibahas bersama DPRD Kota Kupang.

Baca Juga :  Atasi masalah air, Beni Salmun: Manfaatkan sumur bor

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button