Home / News NTT / Pengacara Novan Manafe: Tahan mantan Wabub Tiran

Pengacara Novan Manafe: Tahan mantan Wabub Tiran

Novan Manafe. (foto: semard dju/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Pengacara Novan Manafe (Novan) minta majelis hakim dan jaksa penuntut umum (JPU) kasus korupsi dana hibah KONI Kabupaten Kupang dan Kwartir Pramuka, segera menahan terdakwa Viktor Yermias Tiran.

“Usulan kepada majelis hakim dan JPU agar ada efek jera kepada terdakwa yang terlibat dalam kasus dugaan pencucian keuangan negara untuk memperkaya diri sendiri itu,” kata Novan Manafe saat dihubungi moral-politik.com, di Kota Kupang, Rabu (7/6/2017).

Menurut Novan, mantan wakil bupati (Wabub) itu harus ditahan dan jangan diistimewakan, karena baru terjadi hukum di Kabupaten Kupang, seoarng terdakwa yang sidangnya diistimewakan oleh majelis hakim dan jaksa, berdasarkan delik aduan hukum tindak pidana korupsi itu sudah jelas bahwa yang melakukan perbuatan melawan hukum, harus dihukum di atas 5 tahun penjara.

Delik aduan itu, katanya, tidak sama dengan pidana umum, jika seorang tersangka atau terdakwa yang diduga melakukan perbuatan melawan hukum harus ditahan, terkecuali ada penangguhan penahanan dengan alasan sakit atau alasan lain bisa jadi tahanan kota, tapi terdakwa mantan wakil bupati itu kan sehat-sehat saja dan tidak di tahan ada apa?

Novan menyatakan, dalam kasus ini dirinya menduga antara Kejari Oelamasi bersama Ketua Majelis Hakim ada kong-kalikong atau sedang main mata dengan penanganan kasus itu, sehingga terdakwa di biarkan pulang tidur seenaknya di rumah sama keluarga dan tidak pernah di tahan.

Ia pun membandingkan dengan terdakwa Sekretaris Daerah (Sekda) TTS Salmun Tabun dan Bendahara BKD Florensia J.J Nai yang terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana konsumsi pelantikan Bupati dan Wakil Bupati TTS periode 2014-2019 lalu, ditahan jadi tahanan Rutan Penfui Kupang.

Padahal, nilai kerugian sesuai audit BPK sebesar Rp. 37.527.272. Sedangkan nilai kerugian negara yang termuat dalam dakwaan sebesar Rp. 309.587.500. Lebih kecil dari kerugian negaranya tapi tetap di tahan di tahanan rutan penfui.

Baca Juga :  Dicerca "Gugatan" Daniel Hurek, Rens Tokoh: Sopir Mobil Dinas Kebersihan Banyak Buta Huruf

Labih lanjut, menurut Novan, sedangkan terdakwa mantan bupati kupang, Viktor Tiran, merupakan ketua harian KONI dan ketua Kwartir cabang kabupaten kupang. Pada 2012 Pemda Kabupaten kupang mengalokasikan dana sebesar Rp. 4,4 miliar yang diperuntukan untuk organisasi kemasyarakatan dengan perincian Pemda Kabupaten Kupang mengalokasikan dana sebesar Rp. 1 miliar untuk kegiatan Kwartir pramuka cabang kabupaten kupang dan untuk komite olah raga nasional (KONI) sebesar Rp. 1,3 miliar.

Pencarian Terkait:

  • novan manafe

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button