Home / Sejarah / Polisi Jerman cari pembunuh manusia es, buka kasus 5300 tahun lalu

Polisi Jerman cari pembunuh manusia es, buka kasus 5300 tahun lalu

Mumi Otzi

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Sekitar 5.300 tahun yang lalu di penggunangan Alpen Otzal yang terpencil, Otzi, si manusia es, ditembak dari belakang dengan sebuah anak panah.

Senjata tersebut menembus hingga pembuluh darah utamanya dan membunuh Otzi dalam hitungan menit.

Tubuh Otzi yang terperangkap di dalam es kemudian ditemukan pada tahun 1991 dalam keadaan lengkap bersama mata panah yang tertanam di bahunya dan menjadi salah satu mumi tertua di dunia yang masih berkondisi baik.

Walaupun demikian, para peneliti tidak berhasil menguak misteri kematian Otzi. Siapa pembunuh Otzi? Apa motifnya?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Angelika Fleckinger, ketua South Tyrol Museum of Archeology yang menyimpan tubuh Otzi, pun memanggil bantuan dari kepolisian Munich.

Inspektur Alexander Horn adalah Ketua Detektif dari Departmen Kepolisian Munich yang juga ketua departemen analisa perilaku dengan kepolisian Bavaria. Meskipun telah bertahun-tahun menangani kasus misterius yang sulit dipecahkan, Inspektur Horn mengaku kaget diminta menangani kasus Otzi.

Dia menceritakan, situasi ini lucu karena ketika aku diminta oleh ketua (Flekinger) bila aku mengerjakan kasus-kasus yang tidak terpecahkan, aku menjawab ya. Kasus-kasus yang biasa kita tangani berusia 20 tahun atau 30 tahun, tapi kasus ini berusia 5.300 tahun.

Pada awalnya, Inspektur Horn mengira tidak akan bisa membantu. “Kupikir kondisi tubuhnya akan sangat buruk. Tapi ternyata kondisinya sangat sempurna, bahkan lebih baik dari tubuh-tubuh yang aku kerjakan akhir-akhir ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Titanic dijuluki kapal tak pernah bisa tenggelam (6)

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button