Home / News NTT / Polres Sikka gagalkan 18 Calon TKI Asal Manggarai Timur

Polres Sikka gagalkan 18 Calon TKI Asal Manggarai Timur

Calon TKI sedang naik mobil patroli Polres Sikka untuk diamankan di Polres Sikka, Rabu (07/06/2017). foto: angga lispro/moral-politik.com.

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Polres Sikka berhasil menggagalkan pengiriman 18 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Manggarai Timur yang ingin diberangkatkan ke Kalimantan Timur melalui jalur Laut Pelabuhan Maumere.

Menurut rencana para calon TKI ilegal itu untuk dipekerjakan sebagai buruh kelapa sawit.

“Kita berhasil menggagalkan 18 calon TKI asal Kabupaten Manggarai Timur, tepatnya dari daerah Kisol. Mereka ditangkap karena tidak memiliki dokumen,” kata Kasat Reskrim AKP Andri Satriawan saat ditemui moral-politik.com, di Polres Sikka, Rabu (7/6/2017) .

Dikatakannya, ketika mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada sekelompok orang berjumlah 18 orang yang terdiri
12 pria, 4 wanita, dan 2 balita yang akan diberangkatkan melalui Pelabuhan Laut Maumere, pihaknya langsung bergerak cepat dan berhasil menangkap mereka di Kelurahan Nangalimang, Kecamatan Alok, Kabupaten Sikka.

“Mereka direkrut oleh Puaji asal Madura yang akan dipekerjakan di perusahan kelapa sawit di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Lanjutnya, rombongan calon TKI ini tidak pernah menandatangani dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan yang dijanjikan. Calon TKI ini dijanjikan akan dipekerjakan di perusahaan sawit dengan imbalan gaji sistem borongan.

“Kita telah mengamankan para calon tenaga kerja itu di Polres Sikka dan sekaligus telah melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial, dan Dinas Ketenagakerjaan agar mereka bisa dipulangkan ke daerah asalnya,” terang dia.

Pelaku yang merekrut mereka, pungkas Kasat Reskrim, sementara ini masih dilakukan pengejaran untuk mencari keberadaannya. Semoga secepatnya kita bisa berhasil menangkap pelakunya.

 

Penulis: Angga Lispro
Baca Juga :  Rakor Pengamanan Malam Takbiran di Kabupaten Sikka

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button