Home / News NTT / Sekolahkan anak di Kota Kupang, ini syaratnya

Sekolahkan anak di Kota Kupang, ini syaratnya

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Penerimaan siswa baru (PSB) tahun 2017 di Kota Kupang yang akan dilakukan melalui system online, sekolah akan diwajibkan sejumlah prasyarat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Filmon Lulupoy kepada moral-politik.com, di Kota Kupang, Selasa (20/6/2017) menuturkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan calon siswa yang berada dekat lokasi sekolah tersebut, dengan kuota sebanyak 90 persen bagi siswa/siswi yang berdomisili dekat sekolah.

Menurutnya, dalam PSB tahun 2017 ini, prioritas penerimaan siswa baru terbagi atas tiga bagian, yakni 90 persen untuk calon siswa dari zona atau wilayah sekolah, 5 persen untuk zona luar, atau calon siswa zona sekolah lain, dan lima persen diperuntukan bagi calon siswa luar daerah.

Sehingga, katanya, jika ada calon siswa dengan nilai rapor dan NEM baik namun berdomisili di luar zona salah satu sekolah, maka sekolah tersebut tetap harus memprioritaskan calon siswa yang berdomisili dalam zona walaupun nilainya kurang baik.

Menyangkut sistem pendaftaran secara online, Filmon mengaku, pelaksanaan PSB online tersebut akan mulai dilaksanakan pada bulan Juli mendatang, yakni dibuka selama empat hari sejak tanggal 10 hingga 13 Juli mendatang.

Lulupoy juga mengungkapkan, saat ini Dinas Pendidikan telah mempersiapkan draf kerjasama dengan pihak Telkom, dan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan kerja sama (MoU) yang diikuti dengan penyediaan server di sekolah-sekolah, dan dinas pendidikan sebagai user.

“Dengan pendaftaran secara online, orang tua anak diuntungkan karena mereka sudah tidak perlu lagi datang berdesakan di sekolah untuk mengikuti antrean pendaftaran, sebab mereka sudah bisa melakukan pendaftaran dari rumah atau tempat kerja hanya dengan mengakses situs,” tambahnya.

Ia juga menyibak rahasia dibalik kebijakan tersebut, seperti dapat menghemat uang tranportasi dari para orang tua murid.

Baca Juga :  Kasus Alkes di Kabupaten SBD, JPU hadirkan 2 kontraktor
Penulis: Nyongki

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button