Home / News NTT / Shalat Ied di Kota Maumere, ini pesan Khatib Haji Amir Djomu

Shalat Ied di Kota Maumere, ini pesan Khatib Haji Amir Djomu

Sholat ied di lapangan umum Maumere, Rabu (6/7/2016). foto: kupang.tribunnews.com/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1438 H bagi umat muslim di Kabupaten Sikka di pimpin oleh Khatib Haji Amir Djomu.

Kegiatan shalat ini berlangsung di Lapangan Kota Baru, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Minggu (25/6/2017) pagi.

Ketika memberikan khutbah Haji Djomu mengatakan, kita telah berjuang sebulan penuh dalam bulan suci Ramadhan untuk membersihkan diri kita di hadapan Allah SWT. Semua ibadah yang kita laksanakan dalam bulan suci Ramadhan adalah untuk mendekatkan diri kita di hadapan Allah. Oleh karena itu, marilah taqwa yang merupakan buah perjuangan ini kita rawat, kita tumbuhkan, dan kita jaga dengan baik karena inilah tantangan kita selanjutnya seusai Ramadhan ini.

“Jika pada bulan Ramadan kemarin setan-setan dibelenggu, kini semuanya sudah dilepas kembali. Jika pada Ramadhan kemarin kita merasakan suasana yang kondusif untuk beribadah, sekarang ini kita sudah kembali pada tantangan kehidupan yang sebenarnya. Bila Ramadhan kemarin kita dimudahkan melakukan berbagai amalan untuk mendekatkan diri kepada Allah, kini kita menghadapi berbagai godaan yang bisa menjauhkan diri kita dari Allah,” ucapnya.

Dia juga mengatakan, ada tiga hikmah Ramadhan yang semestinya umat muslim pegang teguh bersama, yaitu hikmat moral, hikmat berjihad dalam Ramadhan, dan yang terakhir hikmat sosial Ramadhan.

Islam, tambahnya, mengakui adanya perbedaan dan keragaman dalam berbangsa dan bernegara. Dalam waktu bersamaan pula Islam menekankan agar perbedaan tersebut jangan dijadikan sumber perpecahan dan perselisihan. Perbedaan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat semestinya dijadikan sebagai sumber saling kenal, saling mengenal satu sama lain. Jika ini yang berkembang dalam jiwa setiap warga bangsa ini, maka persatuan dan kesatuan akan tetap tegak, hidup berdampingan akan menjadi satu kekuatan yang utuh.

Baca Juga :  Realisasi di Bawah Target, SKPD Belum Disiplin Serap Anggaran?

< 1 2>

Komentar Anda?

Tags :

Bagikan Halaman ini

Share Button