Home / Opini / Soal Hary Tanoe ditetapkan jadi tersangka

Soal Hary Tanoe ditetapkan jadi tersangka

Bagikan Halaman ini

Share Button

Oleh: Aditya Aulia Wibowo *)

 

MORAL-POLITIK.COM: “Saya sudah mendapatkan SPDP-nya, dimana di dalam SPDP itu sudah ditetapkan Hary Tanoe sebagai tersangka,” ujar Yulianto di Kejaksaan Agung, Rabu (21/6/2017) lalu (CNN Indonesia).

Lantas saja pernyataan ini membuat geger publik. Apa yang sudah diperbuat oleh MNC Group ini sehingga beliau dijadikan tersangka?

Duduk Perkara

Ternyata, status tersangka ini datangnya dari pesan singkat yang dikirimkan oleh Hary Tanoe kepada Kepala Subdirektorat Penyidik Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Yulianto. Yulianto mengaku mendapatkan pesan singkat dari nomor yang tidak dikenal pada tanggal 5 Januari 2016. Berikut adalah isi dari pesan singkat tersebut:

“Mas Yulianto, kita buktikan siapa yang salah dan siapa yang benar. Siapa yang profesional dan siapa yang preman. Anda harus ingat kekuasaan itu tidak akan langgeng. Saya masuk ke politik antara lain salah satu penyebabnya mau memberantas oknum-oknum penegak hukum yang semena-mena, yang transaksional yang suka abuse of power. Catat kata-kata saya di sini, saya pasti jadi pimpinan negeri ini. Di situlah saatnya Indonesia dibersihkan.”

Yulianto yang pada awalnya tidak menggubris pesan singkat tersebut malah mendapatkan dua pesan serupa pada tanggal 7 dan 9 Januari 2016 melalui aplikasi chat WhatsApp. Bedanya, kali ini pesan tersebut ditambahi embel embel “Kasihan rakyat yang miskin makin banyak, sementara negara lain berkembang dan semakin maju” pada akhir pesannya. Yulianto tidak tinggal diam kali ini dan melacak identitas pengirim pesan tersebut, di mana akhirnya diketahui bahwa Hary Tanoelah yang ternyata mengirimkan pesan tersebut (Source: Kompas).
Mengapa Hary Tanoe Mengirim Pesan Tersebut?

Yang kemudian menjadi pertanyaan besar adalah alasan dibalik dikirimkannya pesan ini kepada Yulianto. Ada spekulasi bahwa pengiriman pesan ini terkait dengan penanganan kasus restitusi pajak perusahaan telekomunikasi PT Mobile-8 Telecom yang melibatkan Hary Tanoe. Penanganan kasus dugaan korupsi yang berlangsung pada tahun 2007-2009 ini ternyata diketuai oleh Yulianto.

Baca Juga :  Mariche Tawarkan Jangan Berpakaian Seksi ke Gereja

< 1 2 3 4>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button