Home / News NTT / Strategi Walikota Jonas Salean tertibkan Anak Jalanan

Strategi Walikota Jonas Salean tertibkan Anak Jalanan

Anak Jalanan beroperasi di Jalan Raya El Tari Kupang, Kamis (29/6/2017) pukul 17.15 WITA. (foto: ist/moral-politik.com)

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Maraknya Anak Jalanan beroperasi di lokasi-lakasi strategis Kota Kupang membangkitkan antipati dari Walikota Kupang Jonas Salean.

Mantan Sekretaris Kota Kupang ini memerintahkan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang untuk bertindak tegas dalam melakukan penertiban Anak Jalanan di Kota Kupang.

Selain itu, Salean juga meminta bantuan pihak Kepolisian Resor Kupang Kota agar ikut membantu mengatasi masalah Anak Jalanan di Kota Kupang yang dinilai telah meresahkan masyarakat, serta memperburuk citra Kota Kupang sebagai Kota Layak Anak.

Kepada wartawan di Kota Kupang, Jumat (30/6/2017) Salean mengatakan, penertiban Anak Jalanan khususnya penjual koran di Kota Kupang melalui operasi rutin dan terjadwal, sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Namun, tambahnya, Satpol PP dan pihak Polres Kupang Kota hanya perlu melakukan pengangkutan secara langsung ketika mendapati ada Anak Jalanan yang menjual koran di pinggir jalan.

Mantan Staf Ahli Gubernur NTT ini menjelaskan, tindakan orang tua yang membiarkan anak menjadi penjual koran merupakan tindakan yang salah, karena telah melanggar Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

Sehingga, katanya, orang tua yang melakukan hal tersebut dinilai perlu ditangkap dan dijadikan tersangka oleh pihak penegak hukum.

Penulis: Nyongki
Baca Juga :  Dispendukcapil Kota Kupang belum bisa cetak e-KTP....

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button