Home / News NTT / Terbatasnya keterlibatan perempuan di eksekutif, legislatif dan yudikatif

Terbatasnya keterlibatan perempuan di eksekutif, legislatif dan yudikatif

foto: semard dju/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Keterlibatan perempuan Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam eksekutif, legislatif, dan yudikatif masih sangat terbatas.

“Data saat ini, keterwakilan perempuan di DPR RI hanya berkisar 17,32 %, di DPD RI sekitar 25,76 %, DPRD Provinsi seluruh Indonesia sebesar 16,15 %, dan DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia mencapai14%,” kata Pelaksana Tugas Deputi Bidang Kesetaraan Jender Kementerian PP dan PA Agustina Erni, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kepala Bidang Kesetaraan Jender dalam Politik, Rina Nursanti¬† pada acara pemukaan pelatihan Kepemimpinan bagi Perempuan Potensial Calon Kepala Daerah di Provinsi NTT, di Hotel Aston Kupang, Rabu (7/6/2017).

Dalam ranah eksekutif, katanya, perempuan yang menjadi menteri atau setingkat menteri hanya 23,5 %, Gubernur 0 %, Wakil Gubernur hanya 3 %, Bupati/Walikota serta Wakil Bupati/Walikota cuma sekitar 14 %.

Menurutnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menetapkan Grand Design, berisi langkah-langkah strategis dalam meningkatkan keterwakilan perempuan di DPR, DPD dan DPRD pada pemilu legislatif 2019 lewat Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 10 Tahun 2015.

Ditambahkannya, Kementerian PP dan PA juga sudah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan pendidikan politik secara massif guna mendongkrak suara perempuan di pemilu legislatif 2019.

Bernadeth Maria Usboko

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT, Bernadeth Maria Usboko, dalam laporannya mengungkapkan secara demografis jumlah penduduk perempuan di NTT lebih banyak dari laki-laki dengan perbandingan 51% dan 49 %.

Baca Juga :  Karang Taruna Kelurahan Nefonaek peringati HUT Pertama

< 1 2>

Komentar Anda?

Bagikan Halaman ini

Share Button