Home / News NTT / Viktor Tiran jadi tersangka, terkuak opera sabun…

Viktor Tiran jadi tersangka, terkuak opera sabun…

foto: semard dju/moral-politik.com

Bagikan Halaman ini

Share Button

MORAL-POLITIK.COM: Mafia antara Jaksa Oelamasi dan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Klas 1A Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) mulai terbongkar, dibalik kasus penetapan mantan Wakil Bupati (Wabub) Kupang menjadi tersangka.

Pasalnya, dalam kasus tersebut Viktor Tiran sebelumnya ditetapkan jadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Oelamasi dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi dana kegiatan kwartir pramuka pada cabang Kabupaten Kupang tahun anggaran 2012 dan 2013 lalu.

Setelah ditetapkan jadi tersangka oleh Kejari Oelamasi, dalam penetapan Viktor Tiran jadi tersangka tidak pernah ditahan, kemudian kasus tersebut dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Kupang.

Namun, dalam perkara tersebut diadili langsung oleh majelis hakim yang dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Kupang Purwono Edi Santosa, dalan sidang tersebut terdakwa tidak pernah ditahan oleh jaksa maupun pengadilan tanpa ada alasan.

Kejari Oelamasi Syahrir Harahap saat dihubungi moral-politik.com melalui telepon genggamannya mengatakan bahwa benar pak mantan Wabub Voktor Tiran adalah terdakwa kasus korupsi dana kwartir pramuka di Cabang Kabupaten Kupang.

Ketika disinggung, kenapa terdakwa tidak pernah ditahan sejak ditetapkan jadi tersangka, Syahrir mengaku tersangka telah mengembalikan kerugian negara sehingga tidak boleh ditahan.

Ditanya pasal berapa dalam undang-undang tindak pidana korupsi kalau terdakwa sudah mengembalikan kerugian negara harus di istimewakan dan tidak boleh ditahan, Kejari mengatakan, hak terdakwa tidak boleh ditahan.

Ketika ditanya apakah aturan aduan delik korupsi di Kejari Oelamasi berbeda dengan Undang-Undang tidangk pidana korupsi di Kabupaten TTS yang terdakwanya telah kembalikan kerugian negara tapi terdakwa di tahanan di rumah tahanan (Rutan), Kejari menjelaskan bahwa nanti adik wartawan tanya langsung di JPU yang tangani perkara tersebut atau langsung majelis hakim yang mempunyai kewenagan, karena kasus tersebut sudah kewenangan majelis hakim.

Baca Juga :  Kadis Otniel janji sejahterakan nelayan Kota Kupang

< 1 2 3>

Komentar Anda?

Tags : #

Bagikan Halaman ini

Share Button